Home
ESDM Setujui PI 10 Persen Wilayah Kerja Siak Dikelola Riau Petroleum | Akun Instagram Ustaz Abdul Somad Kembali Bisa Diakses | Revisi Harga Pertalite Riau, Legislator Ini Nilai Tak Perlu Pakai Pansus | Abdul Wahid Ragukan 2 Fly Over Tuntas Dibangun Setahun, Ini Argumentasinya | STIE Syariah Bengkalis Taja Seminar Nasional | Polres Inhil Kembali Amankan Pelaku Narkoba
Minggu, 25 Februari 2018
/ Riau Region / 17:41:45 / Genjot Pembangunan Infrastruktur, Pemkab Kampar Prioritaskan Pembangunan Jalan Desa /
ADVERTORIAL PEMKAB KAMPAR
Genjot Pembangunan Infrastruktur, Pemkab Kampar Prioritaskan Pembangunan Jalan Desa
Selasa, 14 November 2017 - 17:41:45 WIB

BANGKINANG, RIUATRUST.com – Ketersediaan infrastruktur jalan di perkotaan maupun akses jalan pedesaan memiliki peranan penting dalam suksesnya pembangunan di Kabupaten Kampar. Kondisi jalan yang memadai akan sangat memudahkan akses transportasi dan mempercepat pembangunan daerah yang berjuluk 'Serambi Mekkah' tersebut.

Pemerintah Kabupaten Kampar memiliki komitmen melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan hingga jalan pedesaan, terutama jalan-jalan produksi pertanian dan perkebunan masyarakat. Ketersediaan akses jalan merupakan urat nadi pembangunan dan dasar utama peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

Hal ini dapat terlihat dari kondisi jalan di pedesaan di Kabupaten Kampar yang 75 persen dalam keadaan baik. Sejalan dengan motto menteri PUPR, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kampar juga memiliki motto: “Bekerja Keras, Bergerak Cepat dan Bertindak Tepat”.

Sebagai bukti komitmen Pemda Kampar dalam peningkatan pembangunan jalan di wilayah Kabupaten Kampar, pada tahun anggaran 2017 ini, paling sedikitnya Rp 120 miliyar anggaran telah disediakan untuk pembangunan puluhan kilo meter jalan di wilayah Kabupaten Kampar.

Pemda Kabupaten Kampar bahkan juga menyediakan anggaran untuk pemeliharaan jalan-jalan pedesaan yang rusak. Sehingga dana yang disediakan tersebut dapat gunakan disaat yang membutuhkan. "Apabila ada jalan yang rusak, maka kita akan langsung memperbaikinya," tandas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kampar, Indra Pomi beberapa waktu lalu.

PUPR, lanjutnya, juga memprogramkan 26 jembatan untuk 5 tahun ke depan dan ditambah dengan pembangunan jembatan desa yang terputus atau rusak juga akan menjadi perhatian sehingga akses menuju satu desa ke desa lainya bisa lancar.

Namun, saat ini pembangunan-pembangunan jalan tersebut terhadang kendala, diantaranya adalah permasalahan dana dan undang-undang Desa no. 6 tahun 2015 yang mengatakan bahwa jalan desa termasuk kepada kewenangan desa. "Sebelumnya (sebelum UU Desa, red) sudah dibangun 300 KM (aspal). Kami juga sudah mengajukan perubahan status untuk masuk dalam kriteria jalan kabupaten. Dengan demikian, jalan tersebut akan masuk kedalam kewenangan kita," Tandasnya lagi.

Foto Ali Sukri.

Selanjutnya Indra Pomi kepada wartawan, Jumat (21/7) silam, Dinas PUPR Kabupaten Kampar juga akan memprioritaskan pembangunan jalan sentra produksi dan wisata yang ada di Kabupaten Kampar. Ia menyebutkan bahwa pembangunan jalan itu berasal dari program regular yang bersumber dari APBD Kampar dan APBN.

Saat ini total jalan yang ada di Kabupaten Kampar sepanjang 2017 KM meliputi jalan aspal, tanah dan LPB kelas C. Sementara Pada progam pembangunan jalan 2018 masih dibahas oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah atau TAPD.
 
”Kita mempriotiaskan pembangunan jalan menuju sentra produksi pertanian, perkebunan dan lainya termasuk pembangunan jalan menuju daerah wisata," ujarnya.

Begitu juga dengan pembangunan jalan propinsi dan Kabupaten Kampar juga akan terus diupayakan dengan merebut dana yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Selain itu, pihaknya juga mengajukan program yang bersumber dari pusat yakni pembangunan jalan jalur dua dari tugu Lastsitarda Batu Belah menuju simpang Panca yang bersumber dari dari APBN.

Sejalan Dengan Visi Misi Bupati & Wakil Bupati


Sejalan dengan visi misi Bupati & Wakil Bupati Kampar, H. Azis Zaenal, SH, MM dan Catur Sugeng Susanto, SH, mengenai pembangunan yang seimbang di seluruh kawasan, juga mengembangkan ekonomi rakyat yang berbasis sumber daya lokal dengan orientasi pada agrobisnis, agroindustri dan pariwisata, Dinas PUPR pun mendapat perhatian khusus.

Hal ini bisa dilihat dari seringnya beliau sidak lansung ke lapangan. Otomatis, bupati memberikan perhatian khusus kepada PUPR, karena anggaran insfratruktur Kabupaten di pegang oleh PUPR sebanyak lebih kurang  50%.

Seperti pada peninjauan Bupati Aziz yang didampingi langsung oleh Kepala Dinas PUPR, Indra Pomi, yang melakukan monitoring beberapa Infrastruktur yang rusak terutama di Desa Siabu Kecamatan Salo, pada 6 juli silam. Dalam peninjuan beberapa infrastruktur tersebut, Azis Zaenal berkomitmen untuk mengutamakan infrastruktur di Desa-desa agar Kampar maju sesuai dengan tiga I, peningkatan infrastruktur, Investasi serta Industri.

Foto Ali Sukri.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kampar Indra Pomi,ST,M.Si, saat mendampingi Bupati Kampar menyampaikan bahwa pemda kampar melalui Dinas PU PR Kabupaten Kampar akan segera menindak lanjut apa-apa infrastruktur yang saat ini butuh perbaikan dan pembangunan ditengah masyarakat sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Sementara itu, Bupati Kampar H. Azis Zaenal, SH, MM mengatakan, bahwa jalan dan jembatan merupakan akses yang menghubungkan masyarakat dengan daerah lain maupun terhadap akses ekonomi masyarakat yang merupakan menjadi kebutuhan dasar.

"Akses jalan dan jalan merupakan urat nadi dalam mendistribusikan potensi ekonomi maupun perkebunan masyarakat ke luar," kata Azis didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kampar Indra Pomi dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar Azwan.
(Adv/Rec/juf)

   
 
Kaukus Pembela Rizieq Minta Kapolda Hentikan Kasus
Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:45

Cerita Yusril Dipanggil Jokowi Bahas Kasus Rizieq Shihab
Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:35

Disela-sela Kampanye, Rosman Penuhi Undangan Ibu Mariati Pasar Kembang
Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:23

Luas Karlahut Bertambah di Siak, 20 Ha Lahan Kembali Membara
Sabtu, 24 Februari 2018 - 15:41

Ribuan Santri Sambut Kehadiran TGB di Medan
Sabtu, 24 Februari 2018 - 15:33

PBB tak Lolos, Yusril akan Pidanakan Komisioner KPU
Sabtu, 24 Februari 2018 - 15:30

Polisi Amankan 8 Paket Sabu-sabu dari Tangan Narapidana Lapas Kelas II A Tembilahan
Sabtu, 24 Februari 2018 - 15:20

Bersama Kepsek, Disdik Kepulauan Meranti Gelar Rapat Persiapan Akreditasi Sekolah
Sabtu, 24 Februari 2018 - 15:15

Batal Maju, Pendukung Harris dan Zukri Siap Menangkan Syamsuar
Sabtu, 24 Februari 2018 - 15:01

Peluang Sri Mulyani Jadi Cawapres Jokowi, Ini Jawaban PDIP
Sabtu, 24 Februari 2018 - 08:27

Publik Setuju Gatot Cawapres Jokowi, Anies Cawapres Prabowo
Sabtu, 24 Februari 2018 - 08:23

Cagub Petahana Andi Rachman Akan Rangkai Jembatan Pulau Padang ke Siak dan Bengkalis
Sabtu, 24 Februari 2018 - 08:18

AHY Siap Sambangi Megawati usai PDIP Tetapkan Jokowi Capres
Sabtu, 24 Februari 2018 - 08:13

Ini Keunggulan Pesawat R80 Gagasan Habibie
Sabtu, 24 Februari 2018 - 08:03

Syamsuar Disambut Ratusan Warga Sorek, Haris: Inilah Pemimpin Dambaan!
Jumat, 23 Februari 2018 - 21:11

Ustaz Abdul Somad Hadiri Konsolidasi Dukungan kepada TGB
Jumat, 23 Februari 2018 - 20:57

Mediasi Buntu, Yusril: Kami Akan Mati-Matian Lawan KPU!
Jumat, 23 Februari 2018 - 20:45

Jokowi-Gatot Dan Prabowo-Anies Bakal Bersaing Ketat Di Pemilu 2019
Jumat, 23 Februari 2018 - 20:42

Elektabilitas Jokowi Konsisten Turun
Jumat, 23 Februari 2018 - 20:34

Rizal Ramli: Petani Luar Negeri Berterima Kasih Kepada Menteri Enggar
Jumat, 23 Februari 2018 - 20:19

Rakornas Apernas di Pekanbaru,
Pengembang Perumahan Keluhkan Sulitnya Izin di Kementrian PUPR
Jumat, 23 Februari 2018 - 17:23

92 Pelajar SMA Pekanbaru dan Dumai Ikuti Program Ngaji Teknologi Kelistrikan
Jumat, 23 Februari 2018 - 17:19

Jimly: Masih Banyak yang Benci Anies-Sandi, Move On...
Jumat, 23 Februari 2018 - 17:15

Dilaporkan ke Polisi Soal Kebijakan, Anies Hanya Tersenyum
Jumat, 23 Februari 2018 - 17:12

 
 
Home

 
Sorot | Wawancara | Pokok Pikiran | Surat Anda
Klik Photo
| Iklan Baris | Index

Redaksi | Info Iklan | Disclaimer | Kotak Pos | Pedoman Media Siber

Copyright © 2011-2016 RiauTrust.com - Trusted News Portal
 
Alamat Redaksi & Pemasangan iklan :
 
Komplek Beringin Indah
Jalan Kulim No. 121, Pekanbaru, Riau  
  Telp/ Fax  : (0761) 63515
Mobile  : 0812-76-47104 ( Ali Sukri )  
Email : iklan_riautrust@yahoo.com
redaksi_riautrust@yahoo.com