Home
Lewati Batas Maksimum, Tiga Kendaraan Ditilang di Tol Pekanbaru-Dumai | BPH Migas akan Bantu Pemkab Siak Percepat Terealisasinya Jaringan Gas di Siak | BB Belum Sempat Dijual, Polsek Lirik Amankan Pemuda Pencuri Sapi | U Give Me Love Jadi Single Perdana Alex dan Bea’ Masuk Industri Musik | Pengamat: Program Kuota Gratis Kemendikbud Pembohongan Publik | Kejari Rohil Berhasil Selamatkan Kerugian Negara dari Kasus Korupsi Dana Media
Kamis, 01 Oktober 2020
/ DPRD Bengkalis / 05:45:55 / DPRD Sahkan APBD Bengkalis 2018 Sebesar Rp3,63 Triliun /
ADVERTORIAL DPRD BENGKALIS
DPRD Sahkan APBD Bengkalis 2018 Sebesar Rp3,63 Triliun
Jumat, 01 Desember 2017 - 05:45:55 WIB

BENGKALIS - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis menggelar rapat paripurna dengan agenda mengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis tahun 2018 sebesar Rp. 3.63 triliun lebih. Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bengkalis H Abdul Kadir, Rabu (29/11/2017), bertempat di ruanng Rapat paripurna DPRD Kabupaten Bengkalis.

Ketua DPRD Bengkalis H Abdul Kadir didampingin Wakil ketua Indra Gunawan Eet,Ph.D, Wakil Ketua Zulhelmi, dan Wakil Ketua Kaderismanto serta dihadiri 35 anggota DPRD Bengkalis. Rapat paripurna juga dihadiri Bupati Bengkalis Amril Mukminin, SE, MM.

Dari jajaran eksekutif, terlihat hadir dalam rapat paripurna pengesahan Perubahan APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2018 itu, diantaranya Plt Sekretaris Daerah H Arianto, Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset, Bustami HY, dan sejumlah Pejabat Tinggi Pratama, Adminsitrator dan Pengawas di Lingkungan Pemkab Bengkalis.

Rapat Paripurna DPRD Bengkalis diawali laporan dari Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bengkalis yang dibacakan oleh juru bicara Banggar Rianto.

Dalam laopran tersebut diKetahui bahwa dalam APBD Bengkalis sesuai pembahasan Tim Banggar untuk tahun 2018 sebesar 3.632.246.626.998,00- yang disahkan terdiri dari; Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 512.048.477.990,00,- Dana Perimbangan Rp 2.656.895.309.000,00,-Lain-lain Pendapatan daerah yang sah Rp 403.302.840.000,00,-.

Dalam laporannya juru bicara Banggar Rianto juga memaparkan untuk belanja daerah diantaranya, belanja tidak langsung Rp 1.436.643.807.338,41,- dan belanja langsung Rp 2.195.602.819.659, 59,- Untuk pembiayaan daerah dari penerimaan pembiayaan daerah Rp 60.000.000.000,- dan Silpa Rp 60.000.000.000,-.

Sebelum Ranperda APBD Bengkalis Tahun 2018 disetujui menjadi Perda APBD Bengkalis tahun 2018, sebanyak tujuh fraksi yang ada di DPRD Bengkalis melalui juru bicaranya, pada prinsipnya setuju untuk dijadikan Perda dengan beberapa catatan.

Foto Ali Sukri.

Dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dengan juru bicara H. Zamzami menanggapi laporan Banggar, pada prinsipnya PAN menyetujui APBD 2018 menjadi PERDA untuk tahun 2018.

Dari Fraksi Golongan Karya (Golkar) dengan juru bicara Hendri, SAg, mengatakan bahwa Fraksi Golkar menerima laporan Banggar untuk APBD Bengkalis tahun 2018 dengan catatan semua pihak mentaati hal-hal yang telah disepakati dan dibahas bersama.

Sementara dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan juru bicara Azmi R. Fatwa menyetujui dengan menyampaikan 3 catatan, yakni Kepala Daerah untuk melaksanakan janji politiknya terhadap visi dan misi yakni; 1) mengenai 4 gerbang dan hal itu merupakan alat ukur pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bengkalis termasuk menjadikan gerbang Laksamana menjadi pusat pertanian dan peternakan modern.

2) Terkait Keputusan pengadilan mewajibkan kepada pemerintah membayar pesangon kepada Mantan Karyawan PT. BLJ yang sudah di PHK namun belum mendapat pesangon dari Pihak Perusahaan BUMD milik Pemkab Bengkalis.

3) Terkait Program Pemberdayaan, Azmi R. Fatwa menilai OPD di lingkungan Pemkab Bengkalis belum optimal melakukan upaya jemput bola untuk mendapatkan sumber-sumber pendanaan dari APBN. Padahal, di berbagai Kementrian hal tersebut sudah dipersiapkan untuk berbagai macam program pemberdayaan, diantaranya Kementrian Koperasi, Kementrian Perindustrian, dan Kementrian tenaga Kerja.

Sedangkan dari Fraksi PDI Perjuangan dengan juru bicara Daud Gultom menjelaskan pada prinsipnya menyetujui supaya APBD 2018 disahkan dan dalam pembangunan infrastruktur dapat segera dijalankan. Daud Gultom mencermati banyaknya proyek yang dikebut diakhir tahun sehingga kualitas bangunan yang dihasilkan tidak tergolong baik.

Dari Fraksi Demokrat dengan juru bicara Nanang Harianto menjelaskan, menyetujui Laporan Banggar untuk dijadikan APBD 2018. Kemudian dilaksanakan secara tertib dan transparan.

Foto Ali Sukri.

Fraksi Gerindra Garuda Yaksa melalui juru bicara, Indrawan Sukmana, memberi catatan terhadap Pemkab Bengkalis yang sudah berani menetapkan anggaran sekitar Rp 500 miliar lebih untuk sejumlah sekator, dan ini jangan hanya sebagai catatan saja, aturan regulasi terhadap itu harus ditinjau ulang untuk mengoptimalkan pendapatan daerah melalui pelaksaan retribusi pajak daerah. Hal yang perlu ditinjau ulang yakni dalam hal penetapan tarif. Selanjutya terkait investasi, Indrawan Sukmana juga mencermati penertiban di bidang perizinan. Seluruh perizinan sudah berada satu pintu.

Terakhir dari juru bicara Fraksi Gabungan Negeri Junjungan, Irmi syakip Arsalan memberikan catatan terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bapenda Kabupaten Bengkalis harus bisa memaksimalkan pendapatan asli daerah, dan juga azas efensiensi dari APBD.

Selain berbagai pandangan dan tanggapan fraksi, sejumlah anggota DPRD Bengkalis turut menyampaikan suara di ruangan persidangan. Diantaranya Hj. Aisyah yang meminta Pemkab Bengkalis untuk memperhatikan nasib guru honor sekolah yang digaji sebesar Rp.300.000,- per bulan, selain itu termasuk tenaga Kesehatan dan Bidan.

Anggota DPRD dari Dapil Pinggir, Leonardus Marbun, meminta pemerintah untuk pembuatan jalan di desa dikerjakan lebih awal karena Kecamatan Pinggir belum memiliki jalan poros.

Anggota DPRD dari Dapil Mandau, Nanang Harianto meminta Pemkab Bengkalis untuk mengoptimalkan potensi wisata di Kabupaten Bengkalis, baik Pulau Rupat, Pantai Selat Baru dan Water Boom Wonosari yang pernah beroperasi untuk diaktifkan kembali, baik dengan menggunakan pengelola pihak ketiga maupun dikelola langsung oleh Pemkab Bengkalis.


Pengesahan APBD Bengkalis 2018

Selanjutnya, Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengambil waktu yang diberikan Ketua DPRD Bengkalis untuk menyampaikan, apresiasi kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Bengkalis, atas me-manajemen waktu yang efisien dan efektif dalam menjalankan tugas dan fungsi selama pembahasan Ranperda APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2018.

Foto Ali Sukri.

Pembahasan dan penyelesaian Rancangan Perubahan APBD Bengkalis Tahun Anggaran 2018 telah melalui mekanisme politik dan tekhnokratik baik dengan pendekatan formulasi kebijakan anggaran yang mengedepankan aspek prioritas, efektifitas dan efisiensi anggaran atas ketersediaan sumber pendapatan, maupun pendekatan perencanaan operasional anggaran dengan mengedepankan aspek tekhnis perencanaan dan kesediaan waktu pelaksanaan yang tersisa sampai akhir tahun  ini.

Rasa terima kasih Bupati Bengkalis kepada semua pihak yang telah memaklumi dinamika RAPBD Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2018. Apa yang dibahas dan diapresiasi hari ini merupakan wujud aspirasi masyarakat yang dilaksanakan dengan baik. Dari berbagai pemaparan Banggar dan anggota DPRD Bengkalis didapatlah total APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2018 sebesar Rp. 3.632.246.626.998,-. Pendapatan Asli Daerah Rp. 3.572.246.626.998,- belanja daerah Rp. 3.632.246.626.998,-. Pembiayaan daerah sebesar Rp. 60.000.000.000,-.

"Rincian APBD tersebut telah mencakup penyelenggaraan pembangunan dalam semua urusan yang menjadi kewenangan daerah. Dengan ditetapkannya APBD Kabupaten Bengkalis tahun Anggaran 2018 selaku pengguna anggaran seluruh administrasi prosedur menjadi kewajiban yang melekat pada masing-masing urusan bagi Pembangunan Kabupaten Bengkalis secara umum," kata Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Selain itu, Bupati mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung pembangunan untuk mencapai tujuan bernegara dan pembangunan yang dihasilkan bermanfaat bagi negeri junjungan. Diakhir sambutan Bupati juga berdoa agar semua usaha untuk memajukan daerah mendapat keridhoan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Foto Ali Sukri.

Usai mendengarkan sambutan Bupati bengkalis, selanjutnya Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir, S.Ag melanjutkan persidangan dengan merumuskan tertib acara untuk menghasilkan Keputusan DPRD Bengkalis terkait APBD Kabupaten Bengkalis tahun Anggaran 2018.

"Selanjutnya, setelah disahkannya rancangan keputusan DPRD Kabupaten Bengkalis tentang persetujuan DPRD Kabupaten Bengkalis terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis tentang APBD Kabupaten Bengkalis Anggaran 2018, menjadi Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkalis, berarti kita telah menghasilkan suatu keputusan yang sangat penting bagi kita semua dalam melanjutkan tugas membangun Kabupaten Bengkalis yang kita banggakan dan kita Cintai," ucap Kadir.

Selaku Pimpinan DPRD Kabupaten Bengkalis, ungkap Kadir, dan seluruh Anggota DPRD kabupaten Bengkalis kepada pemerintah daerah agar dapat merealisasikan dana yang telah dianggarkan dalam APBD Kabupaten Bengkalis tahun Anggaran 2018 ini secara optimal dengan mengedepankan prinsip akuntabel, transparan, efisien, dan efektif.

"Sehingga dana ini dapat diserap oleh program dan kegiatan yang telah ditetapkan, yang pada akhirnya akan memperlancar jalannya roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Kabupaten Bengkalis yang kita cintai ini," ujar Abdul Kadir mengakhiri persidangan. (Adv/Mar/RN).


   
 
Bupati Siak, Alfedri Maju Sebagai Balon Bupati Tak Tempati Rumah Dinas
Senin, 28 September 2020 - 14:26

Hadiri Peresmian Tol Pekanbaru - Dumai, Sekda Arfan Harap Perekonomian akan Terus Berkembang
Sabtu, 26 September 2020 - 16:41

Bupati Alfedri, Komoditas Ubi Racun Layak di Kembangkan Karena Bernila Jual
Sabtu, 26 September 2020 - 16:37

Tol Pekanbaru - Bangkinang Ditarget Selesai 2021
Sabtu, 26 September 2020 - 16:31

Truk Fuso Tabrak Rumah Berisi Satu Keluarga yang Sedang Tertidur Pulas, Satu Tewas
Sabtu, 26 September 2020 - 16:28

Masrul Kasmy Jadi Pjs Bupati, Masyarakat Rohul Merasa tak Dipandang Pemprov Riau
Sabtu, 26 September 2020 - 16:24

Resmikan Labor PCR,
Radiologi, Bupati Alfedri Sebut, Tes Swab Bisa Dilakukan di Rumah Sakit Tipe D Tualang
Sabtu, 26 September 2020 - 16:18

Aplikasi Kabupaten Siak Layak Anak Diluncurkan, Bentuk Perhatian Pemda Wujudkan KLA
Sabtu, 26 September 2020 - 16:12

Mulai Senin Depan, Terjaring Ops Yustisi Tidak Pakai Masker Akan Dikenakan Sangsi Pidana Denda
Sabtu, 26 September 2020 - 16:06

Wujudkan Smart City, Kabupaten Siak Resmikan Portal Siak Bedelau
Sabtu, 26 September 2020 - 15:59

Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Hari Ini
Jumat, 25 September 2020 - 07:25

Pengumuman! Masa Berlaku Paspor Bakal Menjadi 10 Tahun
Jumat, 25 September 2020 - 07:22

Tiga Pasang Paslon Bupati dan Wakil Bupati Siak Teken Fakta integritas Protokol Kesehatan
Jumat, 25 September 2020 - 07:17

Hadiri Pelantikan DPC Granat, Bupati H Sukiman Dukung Pembarantasan Narkoba Rohul
Jumat, 25 September 2020 - 07:13

Pengamat: Praktik Politik Uang Telah Lama Dimulai Internal Parpol
Kamis, 24 September 2020 - 16:31

Pemprov Riau Jemput SK Pj dan Pjs Bupati ke Kemendagri, Sabtu Pelantikan
Kamis, 24 September 2020 - 16:27

3 Pimpinan DPRD Riau Mundur, Bagaimana Nasib APBD-P 2020?
Kamis, 24 September 2020 - 16:24

Besok Presiden akan Resmikan Jalan Tol Permai Secara Virtual
Kamis, 24 September 2020 - 16:22

PSBM Diberlakukan, Kasus Positif Covid di Tampan Cenderung Turun
Kamis, 24 September 2020 - 16:18

Paslon Bupati Rohul Hamulian-M Sahril Topan Dapat Nomor Urut 1
Kamis, 24 September 2020 - 16:08

Tingkatkan kualitas pelayanan perizinan. Bupati Alfedri Wacanakan Mall Pelayanan Publik Satu Pintu
Kamis, 24 September 2020 - 16:02

Pimpin Pengamanan, Kapolres Siak: Jangan Ada Keragu-raguan Utamakan Keselamatan
Kamis, 24 September 2020 - 15:56

Bupati Alfedri : Gedung Puskesmas Baru, Pelayanan Kesehatan Juga Harus Meningkat
Kamis, 24 September 2020 - 15:51

Siak Cetak Sejarah Ponpes Hadist Pertama di Riau..
Bupati Alfedri Letakkan Batu Pertama Pembangunan Ruang Belajar Santri Darul Hadist Sultan Yahya
Selasa, 22 September 2020 - 06:42

 
 
Home

 
Sorot | Wawancara | Pokok Pikiran | Surat Anda
Klik Photo
| Iklan Baris | Index

Redaksi | Info Iklan | Disclaimer | Kotak Pos | Pedoman Media Siber

Copyright © 2011-2020 RiauTrust.com - Trusted News Portal
 
Alamat Redaksi & Pemasangan iklan :
 
Komplek Beringin Indah
Jalan Kulim No. 121, Pekanbaru, Riau  
  Telp/ Fax  : (0761) 63515
Mobile  : 0812-76-47104 ( Ali Sukri )  
Email : iklan_riautrust@yahoo.com
redaksi_riautrust@yahoo.com