Home
U Give Me Love Jadi Single Perdana Alex dan Bea’ Masuk Industri Musik | Pengamat: Program Kuota Gratis Kemendikbud Pembohongan Publik | Kejari Rohil Berhasil Selamatkan Kerugian Negara dari Kasus Korupsi Dana Media | Kisruh Politik Malaysia Picu Penuruan Harga TBS Riau | Covid Masih Melejit, Pemko Pekanbaru akan Perluas PSBM | Deklarasi KAMI Riau Kembali Diundur, Ini Alasannya
Selasa, 29 09 2020
/ DPRD Bengkalis / 19:09:25 / Reses Wakil Ketua DPRD Bengkalis H Indra Gunawan, Selain Serap Aspirasi, Sekalian Berpamitan Maju /
Advertorial DPRD Kabupaten Bengkalis
Reses Wakil Ketua DPRD Bengkalis H Indra Gunawan, Selain Serap Aspirasi, Sekalian Berpamitan Maju
Kamis, 12 April 2018 - 19:09:25 WIB

Liputan Khusus oleh Marzuli, Wartawan riautrust.com liputan Bengkalis

DALAM rangka menyerap, menampung serta mendengarkan berbagai aspirasi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, sejumlah kalangan anggota DPRD di Kabupaten Bengkalis memanfaatkannya dengan melakukan kegiatan reses. Melalui agenda reses, tak jarang pula dipergunakan oleh para anggota legislator untuk berkunjung dan bersilaturrahmi kepada para konstituen yang telah mengantarkannya duduk di lembaga terhormat itu.

Begitu pula halnya dengan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bengkalis H Indra Gunawan Eed. Pria yang sudah tiga priode menduduki lembaga legislatif (2004-2009, 2009-2014 dan 2014-2019) ini, tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertemu dan bersilaturrahmi ke sejumlah desa yang ada di Kecamatan Bengkalis dan Bantan, terutama dalam agenda kegiatan resesnya pada kuartal pertama tahun 2018 ini.

Foto Ali Sukri.
H Indra Gunawan didampingi Kepala Desa Wonosari saat menyerahkan bantuan kepada kaum dhuafa dan anak yatim dalam agenda resesnya


Seperti reses yang dilakukan Indra Gunawan pada Rabu (11/4) kemarin, setidaknya ada dua desa yang menjadi agenda dan dikunjungi pada kegiatan resesnya kali ini. Kedua desa yang dikunjunginya tersebut adalah segenap elemen masyarakat yang ada di Desa Kelapapati dan Dusun Tanjung Sari Desa Wonosari di Kecamatan Bengkalis.

Sesuai pantauan riautrust.com yang ikut langsung melakukan liputan reses pimpinan DPRD Bengkalis Indra Gunawan kali ini di Desa Kelapapati dan Wonosari Kecamatan Bengkalis, ada beberapa hal yang mendapat tanggapan serius darinya – yang kesemuanya itu merupakan unek-unek dan pertanyaan langsung dari anggota masyarakat yang hadir. Beberapa hal pokok tersebut berkaitan dengan persoalan pendidikan dan ekonomi masyarakat. Termasuk di dalamnya mengenai  keterbukaan lapangan pekerjaan, bantuan sosial kepada rumah-rumah ibadah dan kesejahteraan bagi guru-guru bantu di sekolah-sekolah madrasah.

Foto Ali Sukri.
H Indra Gunawan didampingi masyarakat ketika menyerahkan bantuan kepada pengurus rumah ibadah Mushalla Hj Fatma di Desa Kelapapati

Di hadapan segenap elemen masyarakat yang merupakan konstituennya itu, pria yang akrab disapa Engah Eed dan pernah menjabat sebagai ketua DPRD Bengkalis ini menegaskan, bahwa terkait kebijakan pemerintah daerah di bidang pendidikan di bawah kepemimpinan Amril Mukminin, adalah seperti meningkatkan anggaran beasiswa pendidikan yang sebelumnya dianggarkan sebesar Rp9 miliar menjadi Rp20 miliar di tahun 2018 ini. Dari jumlah itu, sekitar Rp11 miliar dianggarkan dan diperuntukkan bagi pelajar dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Bengkalis.

“Nah, terhadap program pemerintah daerah di bidang pendidikan ini, patut kita dukung bersama-sama. Pemerintah daerah telah merespon dan telah mempersiapkan segala sesuatunya,” jelas Indra Gunawan seraya berharap kepada para orang tua dan meminta agar anak-anak daerah ini untuk tidak takut bersaing dalam belajar dan mendapatkan pekerjaan.

Foto Ali Sukri.
H Indra Gunawan disambut hangat oleh masyarakat saat melakukan reses

“Program pemerintah daerah yang dilakukan hari ini, khususnya di bidang pendidikan, sebenarnya sudah selaras dengan program-program yang telah diterapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Jadi, jangan takut jika anak-anak bapak ibu tidak dapat pekerjaan nantinya,” imbuhnya lagi.

Mengenai lapangan pekerjaan seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagaimana ditanyakan seorang anggota masyarakat di Desa Kelapapati, menurut Indra Gunawan jika keinginan itu sudah diimplementasikan oleh pemerintah melalui program UED-SP yang ada di desa-desa. Tinggal lagi bagaimana program ini benar-benar dijalankan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang mengaturnya. Jadi masyarakat yang berkeinginan untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri melalui UKM sambung Indra Gunawan, dapat memohon dan memanfaatkan program ini bagi mendorong tercapainya peningkatan dalam bidang perekonomian keluarga dan masyarakat.

Foto Ali Sukri.
H Indra Gunawan menyerahkan bantuan dan menyalami sejumlah kaum dhuafa

“Untuk program UED-SP ini prosesnya mudah. Silahkan bapak ibu melapor dan ajukan permohonan sesuai prosedur. Jika memenuhi syarat pasti akan diberikan pinjaman untuk menjalankan usaha. Tapi jika ada penyelewengan, apalagi dipersulit dan terdapat ketidakadilan dari pemerintah desa, segera laporkan kepada saya,” pintanya.

Menyinggung keberadaan tenaga PTT dan honorer di Kabupaten Bengkalis, menurut politisi Partai Golkar Kabupaten Bengkalis ini, bahwa pemerintah daerah sudah merespon dengan sangat baik. Bahkan bagi para tenaga guru bantu, ada keinginan dari pemerintah daerah agar guru-guru tersebut, termasuk guru-guru bantu yang mengajar di sekolah-sekolah madrasah di daerah ini diupayakan untuk dihonorerkan. Dengan demikian, tingkat kesejahteraan mereka yang selama ini barangkali sangat minim dapat lebih ditingkatkan.

Foto Ali Sukri.
Masyarakat di Desa Kelapapati Kecamatan Bengkalis terlihat antusias mendengarkan sambutan H Indra Gunawan


Selain persoalan-persoalan di atas, sejumlah persoalan lain yang turut menjadi perhatian serius pihaknya pada reses di dua desa tersebut, seperti lampu penerangan kota yang ada di Desa Kelapapati yang belum seluruhnya diakomodir oleh pemerintah. Terkait hal ini, Indra Gunawan yang telah menyandang gelar doktor di salah satu perguruan tinggi di Malaysia ini menegaskan jika persoalan tersebut sudah diusulkan kepada pihak provinsi, sebab program dan kebijakan ini telah diambil oleh provinsi.

Begitu pula mengenai bantuan sosial kepada rumah-rumah ibadah, masjid dan mushalla. Hal ini turut menjadi pertanyaan urgen dari masyarakat kepada dirinya pada reses tersebut. Seperti halnya keinginan sejumlah pengurus masjid dan mushalla di Desa Wonosari yang menanyakan langsung kebijakan pemerintah daerah terkait bantuan bagi rumah-rumah ibadah yang ada.

Foto Ali Sukri.
Masyarakat Dusun tanjung Sari Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis tampak tumpah ruah ketika menghadiri kegiatan reses H Indra Gunawan


Terhadap pertanyaan ini, Indra Gunawan memaklumi bahwa sejak beberapa tahun lalu (2011-2017) jika bantuan sosial masyarakat itu ditiadakan di Kabupaten Bengkalis. Lain tak bukan jelasnya, dikarenakan adanya sengketa hukum yang menjerat sejumlah kalangan pejabat daerah, baik yang ada di lembaga eksekutif maupun legislatif sebelum ini.

Namun di tahun 2018 ini lanjutnya, jika program bantuan sosial tersebut, khususnya bagi rumah-rumah ibadah yang ada di Kabupaten Bengkalis akan dibuka kembali. Tentunya program ini akan disiapkan dengan sebaik-baiknya, termasuk memperhatikan dan mencermati aturan maupun regulasi yang benar. Apalagi Kabupaten Bengkalis dianggap sangar layak untuk dilakukan program ini kembali, karena ditopang dengan besarnya APBD yang tahun ini mencapai Rp3,67 triliun.

Disamping menanggapi berbagai usulan maupun keluhan di masyarakat, Indra Gunawan juga berharap agar para orang-orang tua lebih memperhatikan perkembangan anak-anak mereka. Berbagai tindak kriminalitas serta pengaruh-pengaruh negatif yang dapat merongrong mental generasi muda, seperti penyalahgunaan narkoba dan obat-obat terlarang, hendaknya sedapat mungkin ditangkal dengan memperkuat basis agama.

Pada kegiatan reses yang turut dihadiri segenap tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan sejumlah kader Partai Golkar itu, Indra Gunawan juga turut menyempatkan diri menyampaikan ucapan terima kasih dan mohon pamitnya kepada masyarakat pada sisa-sisa jabatannya sebagai anggota DPRD Bengkalis priode 2014-2019. Ia juga mohon restu untuk ‘hijrah’ ke provinsi dan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Provinsi Riau pada Pemilu 2019 mendatang.

Foto Ali Sukri.
Wakil Ketua I DPRD Bengkalis H Indra Gunawan ketika menyampaikan sambutan dalam kegiatan reses

“Saya pamit dulu, sebab sudah tiga priode duduk di DPRD Kabupaten Bengkalis. Saya ingin ke provinsi dan maju ke Pekanbaru. Namun tetap akan balek ke Bengkalis, karena ini wilayah saya adalah Bengkalis,” ujar Indra Gunawan seraya mengharapkan doa restu para masyarakat yang hadir.

Disamping bertemu bertatap muka dan bersilaturrahmi dengan masyarakat, pada kesempatan reses di dua desa tersebut Indra Gunawan turut menyerahkan sejumlah bantuan kepada anak-anak yatim dan kaum-kaum dhuafa. Bahkan tak lupa pula ia turut menyerahkan bantuan kepada rumah-rumah ibadah, seperti masjid dan mushalla yang diterima langsung oleh para perwakilan pengurusnya.*

   
 
Tol Pekanbaru - Bangkinang Ditarget Selesai 2021
Sabtu, 26 September 2020 - 16:31

Truk Fuso Tabrak Rumah Berisi Satu Keluarga yang Sedang Tertidur Pulas, Satu Tewas
Sabtu, 26 September 2020 - 16:28

Masrul Kasmy Jadi Pjs Bupati, Masyarakat Rohul Merasa tak Dipandang Pemprov Riau
Sabtu, 26 September 2020 - 16:24

Resmikan Labor PCR,
Radiologi, Bupati Alfedri Sebut, Tes Swab Bisa Dilakukan di Rumah Sakit Tipe D Tualang
Sabtu, 26 September 2020 - 16:18

Aplikasi Kabupaten Siak Layak Anak Diluncurkan, Bentuk Perhatian Pemda Wujudkan KLA
Sabtu, 26 September 2020 - 16:12

Mulai Senin Depan, Terjaring Ops Yustisi Tidak Pakai Masker Akan Dikenakan Sangsi Pidana Denda
Sabtu, 26 September 2020 - 16:06

Wujudkan Smart City, Kabupaten Siak Resmikan Portal Siak Bedelau
Sabtu, 26 September 2020 - 15:59

Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Hari Ini
Jumat, 25 September 2020 - 07:25

Pengumuman! Masa Berlaku Paspor Bakal Menjadi 10 Tahun
Jumat, 25 September 2020 - 07:22

Tiga Pasang Paslon Bupati dan Wakil Bupati Siak Teken Fakta integritas Protokol Kesehatan
Jumat, 25 September 2020 - 07:17

Hadiri Pelantikan DPC Granat, Bupati H Sukiman Dukung Pembarantasan Narkoba Rohul
Jumat, 25 September 2020 - 07:13

Pengamat: Praktik Politik Uang Telah Lama Dimulai Internal Parpol
Kamis, 24 September 2020 - 16:31

Pemprov Riau Jemput SK Pj dan Pjs Bupati ke Kemendagri, Sabtu Pelantikan
Kamis, 24 September 2020 - 16:27

3 Pimpinan DPRD Riau Mundur, Bagaimana Nasib APBD-P 2020?
Kamis, 24 September 2020 - 16:24

Besok Presiden akan Resmikan Jalan Tol Permai Secara Virtual
Kamis, 24 September 2020 - 16:22

PSBM Diberlakukan, Kasus Positif Covid di Tampan Cenderung Turun
Kamis, 24 September 2020 - 16:18

Paslon Bupati Rohul Hamulian-M Sahril Topan Dapat Nomor Urut 1
Kamis, 24 September 2020 - 16:08

Tingkatkan kualitas pelayanan perizinan. Bupati Alfedri Wacanakan Mall Pelayanan Publik Satu Pintu
Kamis, 24 September 2020 - 16:02

Pimpin Pengamanan, Kapolres Siak: Jangan Ada Keragu-raguan Utamakan Keselamatan
Kamis, 24 September 2020 - 15:56

Bupati Alfedri : Gedung Puskesmas Baru, Pelayanan Kesehatan Juga Harus Meningkat
Kamis, 24 September 2020 - 15:51

Siak Cetak Sejarah Ponpes Hadist Pertama di Riau..
Bupati Alfedri Letakkan Batu Pertama Pembangunan Ruang Belajar Santri Darul Hadist Sultan Yahya
Selasa, 22 September 2020 - 06:42

IWO Siak bagikan 500 Masker kepada Masyarakat
Selasa, 22 September 2020 - 06:38

Paripurna Tanggapan Bupati Terhadap Pandangan Umum 8 Fraksi DPRD Tentang RAPBD-P 2020
Selasa, 22 September 2020 - 06:33

Kapolres Inhil Pimpin Anggotanya Ikuti Baksos Donor Darah yang Diselenggarakan Kodim 0314/Inhil
Selasa, 22 September 2020 - 06:27

 
 
Home

 
Sorot | Wawancara | Pokok Pikiran | Surat Anda
Klik Photo
| Iklan Baris | Index

Redaksi | Info Iklan | Disclaimer | Kotak Pos | Pedoman Media Siber

Copyright © 2011-2020 RiauTrust.com - Trusted News Portal
 
Alamat Redaksi & Pemasangan iklan :
 
Komplek Beringin Indah
Jalan Kulim No. 121, Pekanbaru, Riau  
  Telp/ Fax  : (0761) 63515
Mobile  : 0812-76-47104 ( Ali Sukri )  
Email : iklan_riautrust@yahoo.com
redaksi_riautrust@yahoo.com