Home
Amien: Umat Indonesia Berpotensi Pecah Jika Prabowo Pilih UAS | Video Jokowi Naik Moge, Ferdinand: Terlalu Bohongnya ! | Menggelinding Gerakan Haram Pilih Jokowi Di Madura | PHE Siak Lakukan Upacara di Lapangan Batang dan Lapangan Lindai | Gelar Ijtima Ulama II, GNPF Tentukan Sikap ke Prabowo - Sandiaga | Mahasiswa Baru Unri Diserahkan ke Fakultas
Minggu, 19 08 2018
/ Siak / 05:57:29 / Pemkab Siak Kota Wisata yang Bermatabat, Ini Penjelasannya /
GALERI FOTO PEMKAB SIAK
Pemkab Siak Kota Wisata yang Bermatabat, Ini Penjelasannya
Jumat, 18 Mei 2018 - 05:57:29 WIB

SIAK - Berbagai geliat Pengembangan dibidang pariwisata di Kota Istana, Kabupaten Siak terus menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan. Pemkab terus melakukan berbagai pembenahan, dalam upaya menjadikan Kabupaten Siak sebagai kota wisata yang bermartabat.

Hal ini dilihat dari sudut pandang masyarakat Siak misalnya penuturan ahmad kepada media ini pada satu kesempatan disiak,melihat siak luar biasa kerja keras beberapa tahun terakhir ,khusunya bidang pariwisata,walaupun belumlah sesempurna mungkin ,jika dibandingkan dengan kabupaten lain , siak sudah mampu bersaing dan lebih maju dengan daerah lainnya,penuturan ini juga disampikan beberapa warga desa sebauk kabupaten bengkalis mader dan izam kepada media ini 18/5 dibengkalis,dia menuturkan kalau berjalan kesiak sangat betah dan lupa terkadang jalanya yang maju luar biasa" katanya penuh heran"


Foto Ali Sukri.

Pemerintah Kabupaten Siak telah mengangkat berbagai ivent, bertaraf Internasional diantaranya Tour de Siak dan serindit-boat-race yang terbilang sukses sampai kemanca negara, Pemkab Siak juga terus membenahi berbagai infrastruktur pendukung dan meningkatkan sumber daya manusianya, seperti aparatur sipil negara, guru dan masyarakat sendiri.

Karena bagaimanapun, sumber daya manusia sangat menentukan kemajuan pariwisata dalam satu daerah. Sebab betapapun hebatnya potensi wisata yang dimiliki, tanpa dukungan sumber daya manusia tentu hasilnya tak akan begitu maksimal. Karena itu, dalam program pembangunannya, Bupati Syamsuar terus berupaya menciptakan berbagai program peningkatan kualitas sumber daya manusianya.

Foto Ali Sukri.

Sempena HUT KORPRI 45 dan HUT 71 PGRI serta Hari Guru Nasional di Kabupaten Siak, 29 November beberapa waktu lalu, Bupati Syamsuar kembali menekankan pentingnya sikap profesional dari para ASN dan guru. Sebab, menurut Syamsuar, bila ASN dan guru bisa bekerja professional, otomatis sumber daya manusia di Siak akan memiliki keahlian dan berkompeten.

Untuk menunjang sikap profesional ASN dan guru, Pemkab Siak telah melakuan kerjasama dengan lembaga pengelola dana pendidikan (LPDP). Bupati juga mengharapkan masyarakat Siak bisa tetap memelihara suasana aman, damai serta menjaga kerukunan umat beragama.

Sementara itu, program lain yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan membangun Kampung Sakinah. Dimana setiap kampung sakinah yang ada di Siak akan dinilai dan diberikan penghargaan setelah melalui berbagai penilaian.

Foto Ali Sukri.

Al hasil, Salman Alfarizi, penghulu Kampung Rempak, Kecamatan Sabak Auh tahun ini berhasil menerima penghargaan Kampung Binaan Keluarga Sakinah tingkat Kabupaten Siak. Penghargaan langsung diserahkan Bupati Syamsuar usai memimpin upacara peringatan HUT KORPRI 45 dan HUT 71 PGRI serta Hari Guru Nasional beberapa waktu lalu.

Salman mengaku senang dan bangga dengan penghargaan dan program pemerintah tersebut. Menurutnya, masyarakat dan pemerintah Kampung Rempak sudah menambahkan berbagai kegiatan, seperti program tahfiz qur'an yang dulunya hanya diikuti beberapa orang, sekarang sudah meningkat drastis. "Dulu itu hanya sekitar 9 orang, selama dilakulan program kampung binaan keluarga sakinah menjadi 21 orang, Alhamdulillah mereka sudah hafal 13 Juz," kata Salman.

Foto Ali Sukri.

"Kemudian wirid-wirid pengajian bapak-bapak, ibu-ibu dan remaja selalu kita tingkatkan. Saya mengharapkan, program binaan keluarga sakinah terus berlanjut. Karena program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat," tukasnya.

Bupati Syamsuar berpesan agar penghargaan yang diterima bisa menjadi motivasi untuk mewujudkan kehidupan beragama dalam keluarga, dengan menciptakan susana keagamaan yang bebas dari 3 buta, baca tulis Alquran, ibadah, dan akhlak mulia. "Hidupkan lagi budaya maghrib mengaji dikampung-kampung," kata Syamsuar.

Dikatakan, keluarga sakinah merupakan pijakan awal dalam berumah tangga. Sebuah keluarga harus mampu mengisi lembaga terkecil dari masyarakat, lembaga terkecil, yakni keluarga. Sebuah keluarga apabila dihiasi dengan sakinah, niscaya masyarakat akan lebih sejahtera. Sehingga kemajuan pembangunan yang dilakukan Pemkab Siak bisa berjalan seimbang antara dunia dan akhirat.Ini beberapa program peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dilakukan pemkab dalam mendukung pengembangan wisata di Siak.

Foto Ali Sukri.

Di sisi lain, pengembangan wisata budaya juga terus dikembangkan. Seperti pagelaran seni drama tari bertajuk Tengku Buang Asmara di Jakarta yang ditaja Badan Penghubung Provinsi Riau di Jakarta. Pertunjukan seni teatrikal tersebut mengisahkan kepahlawanan Sultan Siak yang dipentaskan di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Ratusan undangan dari dalam dan luar negeri, termasuk perwakilan negara-negara sahabat hadir menyaksikan cerita kepahlawanan asal Siak tersebut, seperti Venezuela, Srilangka, Chili, Kuba, Libia dan Palestina.

Foto Ali Sukri.

Bupati Syamsuar bersama Ketua DPRD, Sekretaris Daerah dan sejumlah pemuka masyarakat Riau juga hadir menyaksikan pertunjukan tersebut. "Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pagelaran drama tari ini. Belum banyak orang yang tahu sejarah dan kepahlawanan Tengku Buang Asmara, karena beliau belum ditetapkan sebagai pahlawan nasional," kata Syamsuar.

Dalam sejarah, Tengku Buang Asmara pernah terjadi perang sengit terhadap VOC. "Dalam perang Guntung yang dipimpin Sultan Tengku Buang Asmara, VOC menderita kekalahan dan kerugian yang tidak sedikit, kisahnya abadi dalam syair perang guntung," ulas Syamsuar sembari menyebutkan, Kabupaten Siak terus berbenah menjadi destinasi wisata sejarah, seni dan budaya.

Foto Ali Sukri.

"Sultan-sultan terdahulu banyak berjasa bagi negara, termasuk kisah penyerahan kedaulatan Kerajaan Siak pada NKRI oleh Sultan Syarif Kasim II. Saat ini kami tengah merampungkan tugu untuk mengenang nilai kepahlawanan beliau," tambahnya.

Begitu juga situs peninggalan sejarah, menurut Syamsuar, masih terpelihara dengan baik, di antaranya istana Siak dan Masjid Syahbuddin. Predikat sebagai kota pusaka diharapkan dapat memperkuat upaya promosi wisata di Kabupaten Siak untuk mendukung nawacita dan target nasional 20 juta wisatawan mancanegara. (adv)
   
 
Inisiator #2019GantiPresiden: Jangan Khianati Perjuangan Pendiri Bangsa
Sabtu, 18 Agustus 2018 - 07:52

Gubernur Riau Instruksikan Kekuatan Penuh Tanggulangi Karhutla
Sabtu, 18 Agustus 2018 - 07:42

ADVERTORIAL PEMKAB KEPULAUAN MERANTI
Upacara HUT RI Ke-73 di Kepulauan Meranti Berlangsung Hikmat dan Lancar
Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:34

Fahri Hamzah: Kemampuan HRS Baca Peta Situasi Makin Tajam
Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:11

Mahfud MD Berpeluang Jadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Maaruf
Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:08

Wabup Meranti Inspektur Upacara HUT RI Ke-73 di Lapas Kelas II Selatpanjang
Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:04

Sekelumit Cerita Salah Seorang Pelatih Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Siak
Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:00

Wakil Bupati Meranti Buka Sosialisasi Kabupaten Program Pamsimas III Tahun 2018
Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:56

Jemaah Calon Haji Meranti Persiapan Laksanakan Puncak Haji Armina
Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:53

Ramah Tamah berama LVRI, Syamsuar: Peningkatan Pembangunn Tetap Menjadi Perhatian
Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:46

Refly Harun Dilaporkan ke Polda Metro Jaya
Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:40

Mayones Baik atau Buruk untuk Kesehatan?
Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:38

Pesan Ustaz Somad Di HUT RI: Jangan Pisahkan Nasionalisme Dengan Pekik Allahuakbar
Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:33

Penyidik KPK Kecewa Kepemimpinan Jokowi Dalam Penegakan Hukum
Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:27

Manuver Sandi Dinilai Bisa Memecah Mesin Partai Pendukung Jokowi
Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:24

Gubernur Riau: Budaya Melayu Masuk Kurikulum Pendidikan
Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:17

Indikasi Sengaja, Dansatgas Geram Saksikan Karhutla di Rohil
Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:14

Camat Kelayang Kukuhkan Paskibra Tingkat Kecamatan
Kamis, 16 Agustus 2018 - 20:54

Demokrat Setuju Djoko Santoso Jadi Ketua Tim Pemenangan
Kamis, 16 Agustus 2018 - 20:52

Alumni Presidium 212 Tidak Setuju Kiai Maaruf Jadi Cawapres Jokowi
Kamis, 16 Agustus 2018 - 20:46

Kementrian ESDM Fasilitasi Riau Kelola Blok Rokan
Kamis, 16 Agustus 2018 - 20:36

TNI Segel 45 Titik Lokasi Karhutla Yang Terjadi Di Provinsi Riau
Kamis, 16 Agustus 2018 - 20:32

Miliki Saham Di Bintan Resort, Pemrov Riau Akan Telusuri
Kamis, 16 Agustus 2018 - 20:30

Defisit Anggaran, Sekda Sebut Riau Alami Masa Sulit
Kamis, 16 Agustus 2018 - 20:26

 
 
Home

 
Sorot | Wawancara | Pokok Pikiran | Surat Anda
Klik Photo
| Iklan Baris | Index

Redaksi | Info Iklan | Disclaimer | Kotak Pos | Pedoman Media Siber

Copyright © 2011-2016 RiauTrust.com - Trusted News Portal
 
Alamat Redaksi & Pemasangan iklan :
 
Komplek Beringin Indah
Jalan Kulim No. 121, Pekanbaru, Riau  
  Telp/ Fax  : (0761) 63515
Mobile  : 0812-76-47104 ( Ali Sukri )  
Email : iklan_riautrust@yahoo.com
redaksi_riautrust@yahoo.com