Home
KPK Telusuri Pengurusan DAK Kabupaten Kepulauan Meranti | Ilmu Menghadirkan Takut Kepada Allah | Haruskah Istri Takut kepada Suami? | Lakukan Maintenance, Saldo Nasabah Bank Mandiri Berubah Drastis | Gubri Apresiasi Pembangunan Universitas Anak Yatim dan Dhuafa | Ibarat Memelihara Anak Macan, Jadi Alasan Jokowi Dan PDIP Tolak Demokrat
Minggu, 21 Juli 2019
/ Riau Region / 16:52:53 / Disparbud Genjot Sektor Kepariwisataan Tingkatkan Destinasi Wisata Pekanbaru /
ADVERTORIAL PEMKO PEKANBARU
Disparbud Genjot Sektor Kepariwisataan Tingkatkan Destinasi Wisata Pekanbaru
Senin, 20 Agustus 2018 - 16:52:53 WIB

PEKANBARU, RIAUTRUST.com - Saat ini Kota Pekanbaru telah berkembang menjadi kota modern dengan peningkatan infrastruktur dan urbanisasi yang lumayan. Kota Pekanbaru ini memiliki berbagai daya tarik wisata budaya, religi, dan sejarah yang bisa memberikan informasi dan memperkenalkan sejarah Kota Pekanbaru.

Kota Pekanbaru ini juga terkenal dengan kota perdagangan dan jasa di Riau, karena letaknya yang strategis. Kota Pekanbaru juga mempunyai satu bandar udara internasional dan terminal bus antar kota dan antar Provinsi, serta dua pelabuhan di sungai Siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku.

Kota Pekanbaru dari sektor kepariwisataan berpotensi besar untuk lebih dikenal di secara lokal maupun seantero nusantara, bahkan hingga manca negara. Tinggal bagaimana mengelola potensi ini sehingga benar-benar Pekanbaru menjadi tujuan (destinasi) wisata.

Untuk menumbuh kembangkan gairah kepariwisataan di kota Pekanbaru, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru gencar menjalin kerjasama dengan berbagai daerah di Riau serta melakukan berbagai promosi dalam berbagai kesempatan, hal ini seperti yang disampaikan Plt Kadis Pariwisata Pekanbaru, Ardiansyah di ruang kerjanya baru-baru ini.

Dikatakannya, Kota Pekanbaru sebagai Ibukota Provinsi Riau memiliki berbagai potensi wisata yang dapat dikembangkan. "Sebagai Ibu kota Pekanbaru tentu punya potensi-potensi wisata yang memadai. Dan kita harus menumbuh kembangkan potensi itu menjadi sesuatu yang mempunyai daya tarik bagi wisata lokal, maupun domistik bahkan wisatawan manca negara,” urai Ardiansyah.

Lebih jauh Ardiansyah menjelaskan, upaya terus menumbuhkembangkan gairah kepariwisataan di kota ini, pihaknya akan terus melakukan berbagai kiat seperti menjalin kerjasama lintas daerah, yakni dengan Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan) dan juga kerjasama dengan lembaga/ instansi lain dalam bentuk promosi-promosi.

“Kerjasama dengan berbagai daerah kabupaten/kota di Riau perlu dilakukan, karena selama ini kita berjalan masing-masing dalam melakukan peningkatan gairah kepariwisataan kita. Dengan terjalinnya kerjasama dalama mempromosikan potensi wisata ini diyakini mampu meningkatkan gairah kepariwisataan yang akhirnya dapat meningkatkan geliat ekonomi daerah,” imbuhnya.

Kota Pekanbaru ini menawarkan cukup banyak objek wisata pilihan untuk dapat dikunjungi, diantaranya, tempat-tempat wisata yang bernuansa alam, Sejarah, Religi maupun Kuliner yang tak kalah dengan kota besar lainya di Sumatera. Diantaranya;


* Objek Wisata

Jika menelusuri Kota Pekanbaru, ada sejumlah objek wisata ditemukan dan sudah sangat populer seperti, Desa Okura Rumbai, kini dikenal dengan kawasan agrowisata. Bahkan, belakangan ini sudah menjadi destinasi wisata yang bukan hanya wisatawan lokal, tapi juga manca negara.

Dengan keindahan suasana alam, bahkan buah-buahan produktif yang ada di sini yang bisa dipetik langsung, ditambah adanya sungai sekitar kawasan itu, menjadi kawasan itu segar dan adem. Pihak Pemko Pekanbaru telah melakukan penataan di Agrowisata Okura, seperti jalan masuk areal perkampungan penduduk dan jembatan yang menghubungan Okura dengan Kabupaten Siak Sri Indrapura.

Kemudian Danau Wisata Bandar Khayangan, setiap tahun di kawasan itu diselanggarakan festival budaya, disamping kawasan wisata ini, akhir-akhir ini sudah menjadi salah satu tujuan wisata. Sejumlah permainan anak-anak dan keindahan alam di kawasan itu juga menjadi daya tarik saat ini. Pemko sejak beberapa tahun terkahir juga telah membangun jalan kawasan itu.


Masjid Raya Senapelan, Pekanbaru

Taman Rekreasi Alam Mayang, kini tengah dibangun jadi ruang terbuka hijau (RTH). Menurut Hermanius dalam waktu dekat kawasan yang dibangun Pemrov itu juga akan dibuka. Di Pekanbaru juga ada cagar budaya (wisata religi) seperti, Masjid Raya Senapelan dan Makam Marhum Bukit dan Makam Marhum Pekan pendiri Pekanbaru. Rumah tua ciri Melayu. Pasar Pasar Bawah dan monumen Lokomotif (tugu Pahlawan Kerja) dan lainnya.


* Pekanbaru Sebagai Kota MICE

Plt Kadis Pariwisata Pekanbaru, Ardiansyah mengatakan, Pekanbaru sudah masuk sebagai kota Mice (Meeting Incentive Converence Exhibition), didukung oleh fasilitas penunjang sektor kepariwisataan itu sendiri. Pada tahun 2016, jumlah seat penerbangan di Bandara Sultah Syarif Kasim (SKK) II Pekanbaru mencapai 3.200.438 penumpang. Di Pekanbaru ada 177 unit hotel berbintang, baik bintang 3, 4 dan 5 dengan jumlah kamar 8.233 kamar. Kemudian ada 358 travel agent, 19 angkutan wisata dan 602 unit taksi.

Bahkan katanya, PAD dari sektor kepariwisataan juga sangat signifikan, dimana pada tahun 2016 lalu, dari sektor kepariwisataan seperti pajak hotel, restoran dan hiburan mencapai Rp103.72 miliar lebih. "Ini membuktikan sektor kepariwisataan sangat menjanjikan di kota ini," katanya.


* Budaya

Kemudian sektor pendukung pariwisata dan kebudayaan itu, banyak event-event di Pekanbaru, yang selama ini dilaksanakan dan dapat menarik kunjungan wisata, seperti Petang Megang (petang balimau kasai memasuki bulan Ramadhan), festival lampu colok (27 Ramadhan), festival Sungai Siak, Lomba Lari 10 K, pemilihan Bujang Dara Pekanbaru dan lomba Parade tari. Untuk pemilihan bujang dan dara tahun 2017 baru saja selesai diselenggarakan.Pemenangnya menjadi duta wisata Pekanbaru dan akan dikirim sebagai peserta ke tingkat provinsi.


Salah satu situs budaya di Pekanbaru

Dikatakan, tujuan pembangunan kebudayaan dan pariwisata Pekanbaru meningkatkan peran serta masyarakat dan pelaku seni dan budaya dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya melayu. Mengembangkan kepariwisataan yang mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat serta Pekanbaru meningkatkan kapasitas SDM yang handal penunjang keberhasilan Bidang Kebudayaan dan Pariwisata.

Namun, ia mengakui masih banyak kendala dalam upaya memajukan sektor kepariwisataan di Pekanbaru ini, pengembangan destinasi pariwisata di Pekanbaru belum optimal karena  masih terbatasnya sarana dan prasarana yang ada. Strategi pemasaran destinasi pariwisata belum berkembang efektif sebagaimana mestinya.

Disparbud Pekanbaru ini, katanya, terus berupaya meningkatkan kerjasama Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan) di bidang pariwisata Diharapkan ke depan Pekanbaru akan menjadi salah satu daerah kunjung kunjungan wisata. "Di tengah susahnya pendapatan ini akibat berbagai faktor sektor wisata menjadi salah satu solusi mendatangkan income daerah," pungkasnya.

Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Pekanbaru, Riau yang paling indah dan di rekomendasikan untuk didatangi. Berikut kami ulas secara singkat beberapa Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru yang Paling Direkomendasikan:

1. Masjid Agung An-Nur
Lokasi: Jl. Hangtuah Ujung, Sumahilang, Pekanbaru Kota

2. Perpustakan Soeman HS
Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman No.462, Jadirejo, Sukajadi, Kota Pekanbaru

3. Taman Wisata Alam Mayang
Lokasi: JL. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang Tim., Tenayan Raya, Kota Pekanbaru

4. Wahana Alam Mayang
Lokasi: JL. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang Tim., Tenayan Raya, Kota Pekanbaru

5.Labersa Waterpark
Jl. Labersa , Simpang Tiga Bukit Raya , Kota Pekanbaru, Riau Indonesia

6. Jembatan Siak III
Lokasi: Jemb. Siak III, Kp. Bandar, Senapelan, Kota Pekanbaru

7. Stadion Utama Riau
Lokasi: Jl. Naga Sakti, Simpang Baru, Tampan, Kota Pekanbaru

8. Danau Universitas Riau
Lokasi: Jl. HR Subantas KM 12.5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru
[Adv/Diskominfo]
   
 
Rizal Ramli: Jangan Sampai Pimpinan KPK Didominasi Polisi, Bisa Coupe de Grace
Jumat, 19 Juli 2019 - 13:47

Pemprov Riau Terus Kaji Porsi APBD-P
Jumat, 19 Juli 2019 - 13:42

11 Negara Ikuti Festival Perahu Naga di Danau Rusa Kampar
Jumat, 19 Juli 2019 - 13:31

274 Orang Terjangkit DBD di Pekanbaru, Begini Penjelasannya
Jumat, 19 Juli 2019 - 13:29

Disdagprin Bengkalis Minta PNS Tidak Gunakan Elpiji 3 Kg
Jumat, 19 Juli 2019 - 13:26

Gerindra Merapat, Demokrat Ditendang?
Jumat, 19 Juli 2019 - 11:28

Arkeolog Temukan Masjid Berusia 1200 Tahun di Israel
Jumat, 19 Juli 2019 - 09:11

Kalah Di Sejumlah Basis Golkar, Jokowi Bisa Jadi Tak Nyaman Dengan Airlangga
Jumat, 19 Juli 2019 - 09:09

DPR Kritisi Wacana Traveloka dan Tokopedia Masuk Bisnis Umrah
Jumat, 19 Juli 2019 - 09:07

Harga Cabai Bukit Tinggi Meroket, Cabai Medan Malah Turun
Jumat, 19 Juli 2019 - 09:04

Pemprov Riau Optimis Seluruh Kabupaten Kota d Riau Menjadi KLA
Jumat, 19 Juli 2019 - 08:52

Dua Prodi UIN Suska Riau Dapat Nilai A
Jumat, 19 Juli 2019 - 08:48

Wagubri Kenalkan 3 Potensi Besar di Riau
Jumat, 19 Juli 2019 - 08:46

Unri Ingin Wujudkan Perencanaan yang Terintegrasi
Kamis, 18 Juli 2019 - 14:29

Donald Trump Intensifkan Serangan Rasialis Demi Politik
Kamis, 18 Juli 2019 - 14:27

Kader Muhammadiyah Siap Melawan Pembangkang Amien Rais Di PAN
Kamis, 18 Juli 2019 - 14:18

62 Dewan Hakim MTQ di Kukuhkan Bupati Alfedri
Kamis, 18 Juli 2019 - 13:05

Lantik 11 Pejabat Penghulu Mempura-Dayun,
Alfedri Mohon Dukungan Hijrahkan Koperasi ke Sistem Syariah
Kamis, 18 Juli 2019 - 13:03

Bupati Alfedri Berharap Kesadaran Berzakat dan Gerakan Subuh Berjamaah Meningkat
Kamis, 18 Juli 2019 - 13:00

Sedih, Ikan Pari Raksasa Ini Hampiri Penyelam dan Minta Pertolongan
Kamis, 18 Juli 2019 - 12:53

Tolak Program Umrah Digital, ASITA Riau: Ini Ancaman Bagi Pengusaha Travel!
Kamis, 18 Juli 2019 - 12:49

Menurut FBI, Indonesia Jadi Negara Tujuan Penipuan Bermodus Industri Hiburan
Kamis, 18 Juli 2019 - 12:45

Pemegang Saham Minta Pemprov Riau Batalkan Pansel Dirut BRK
Kamis, 18 Juli 2019 - 12:17

Jelang Munas, Golkar Riau Diminta Solid
Kamis, 18 Juli 2019 - 12:11

 
 
Home

 
Sorot | Wawancara | Pokok Pikiran | Surat Anda
Klik Photo
| Iklan Baris | Index

Redaksi | Info Iklan | Disclaimer | Kotak Pos | Pedoman Media Siber

Copyright © 2011-2016 RiauTrust.com - Trusted News Portal
 
Alamat Redaksi & Pemasangan iklan :
 
Komplek Beringin Indah
Jalan Kulim No. 121, Pekanbaru, Riau  
  Telp/ Fax  : (0761) 63515
Mobile  : 0812-76-47104 ( Ali Sukri )  
Email : iklan_riautrust@yahoo.com
redaksi_riautrust@yahoo.com