Breaking News
Kepala Bayi Putus Tertinggal di Rahim Ibu, Polisi Duga Ada Kelalaian Nakes | Oknum Wartawan Ini Menjadi Otak Investasi Bodong | Panen Raya Melon di Siak Kecil, Bupati Ajak Kelola Lahan Secara Optimal | Amnesty International: Artificial Intelligence Jadi Ancaman Baru bagi HAM | AS Akui Israel Bunuh dan Lukai 80.000 Warga Palestina di Gaza hingga Akhir 2023 | Visa Jemaah Calon Haji Riau Dicetak, 6 Kloter Sudah Selesai Jumat, 26 April 2024

 
Setelah Masuk Rekor MURI dan WBTB, Lari di Atas Tual Sagu Masuk Nominasi API 2019
Senin, 20-05-2019 - 08:02:26 WIB

SELATPANJANG - Lari Diatas Tual Sagu masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 kategori Olahraga dan Petualangan Terpopuler di Indonesia yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata RI.

Lari di Atas Tual Sagu ini masuk sebagai nominasi bersama beberapa wisata lainnya di Riau, diantaranya

Kue Talam Durian Pekanbaru kategori Makanan Tradisional Terpopuler, Swaka Marga Satwa Kerumutan Pelalawan kategori Ekowisata Terpopuler, Suligi Hill Rokan Hulu kategori Dataran Tinggi Terpopuler, Sampan Leper Indragiri Hilir kategori Atraksi Budaya Terpopuler, Tepian Bandar Sungai Jantan Siak kategori Destinasi Baru Terpopuler dan GulamoKampar kategori Surga Tersembunyi Terpopuler.

Lomba Lari Diatas Tual Sagu yang berasal dari Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti sebelumnya juga masuk daftar jadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2018.

Karya budaya ini masuk daftar penetapan WBTB bersama karya budaya lainnya dari empat provinsi di bawah wilayah kerja Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepulauan Riau dengan nomor registrasi 2016006981 pada Direktorat warisan dan diplomasi budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pertama kali dipopulerkan oleh Sanggar Bathin Galang, lomba Lari di Atas Tual Sagu merupakan satu-satunya olahraga yang belum pernah ada di belahan dunia manapun, kecuali di Kepulauan Meranti. Dan juga telah mendapatkan Rekor MURI pada 6 Juli tahun 2015 lalu sebagai pelopor lomba lari di atas tual sagu. Hal ini tentunya juga di dasari bahwa kabupaten ini merupakan salah satu penghasil sagu terbesar di dunia.

Penggagas Lomba Lari di Atas Tual Sagu yang kemudian dijadikan sebagai event budaya tiap tahunnya tidak terlepas dari tangan kreatif, ketua Sanggar Bathin Galang Desa Bokor, Sopandi Rozali.

Sopandi menceritakan Lari di Atas Tual Sagu adalah sebuah proses sebelum tual sagu dijadikan tepung.

Dimana setelah di panen, selanjutnya tual sagu yang sudah dipotong dikeluarkan dari kebun dengan cara digolek sampai ke sungai, di sungai tual sagu dirakit atau diikat dengan tali agar mudah membawanya selanjutnya dari sungai ditarik ke darat dengan menggunakan kapal.

Untuk menghitung jumlah tual sagu yang sudah diikat dan direndam di dalam sungai ataupu di laut dilakukan dengan berjalan di atasnya.

Untuk mempercepat penghitungan tual sagu, kadang-kadang dilakukan sambil berlari.

Selanjutnya tual sagu digolek ke tempat pengolahan sampai menjadi tepung. Kebiasaan inilah pada masa sekarang diangkat menjadi permainan dan berpotensi diangkat menjadi penunjang pariwisata unggulan Kabupaten Meranti.

Lomba Lari di Atas Tual Sagu ini diadakan di Sungai Bokor, Kecamatan Rangsang Barat dengan jumlah peserta yang tidak terbatas dan lomba ini hanya bersifat eksibisi dan sebagai sarana promosi wisata.

Sebagai kegiatan pendukung, diadakan juga pegelaran musik, tari dan teater, pembacaan puisi, pesta buah, kuliner dan kerajinan.

Lomba ini sudah sering dilakukan seperti Fiesta Bokor Riviera Tahun 2011, Bokor Folklore Festival tahun 2012, Lomba lari Tual sagu tingkat kabupaten tahun 2013, Pesta sungai Bokor tahun 2013, Pesta Sungai Bokor tahun 2014, dan Pesta Sungai Bokor tahun 2015 dan tahun 2019 ini juga akan digelar kegiatan serupa.

Sopandi juga mengajak masyarakat Riau khususnya Kepulauan Meranti untuk memvoting agar Lari Diatas Tual Sagu asal Desa Bokor Kepulauan Meranti Riau ditetapkan sebagai pemenang.

"Untuk masyarakat Riau khususnya Kepulauan Meranti jangan lupa untuk memvoting Lari Diatas Tual Sagu lewat SMS dan Youtube agar kita bisa jadi pemenang," kata Sopandi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti, Rizki Hidayat mengatakan untuk memvoting Lari Diatas Tual Sagu dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 bisa melalui pesan singkat atau SMS dengan cara ketik API 7C kirim ke 99386 atau Channel Youtube APIaward dan subrcribe dan like Video Lari Tual Sagu asal Kepulauan Meranti Riau mulai periode 1 Juni hingga 31 Oktober 2019.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya telah mengusulkan tiga untuk dimasukkan menjadi nominasi API yakni Kopi Liberika, Mie Sagu dan Lari Diatas Tual Sagu, namun yang terpilih hanya satu.

"Kita sudah kirimkan tiga untuk dimasukkan menjadi nominasi API lengkap dengan data pendukung. Namun tim penilai lebih memilih yang lebih spesifik," kata Rizki.

Untuk meraih dukungan lebih banyak, Kepala Disparpora ini akan menggerakkan seluruh unsur pariwisata seperti peran Bujang dan Dara, Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dan unsur Pentahelix untuk mensosialisasikannya ke masyarakat luas.

"Saya mengajak semua masyarakat Meranti untuk mendukung kegiatan ini dengan memberikan suara atau voting. Selain itu kita akan bentuk tim untuk sosialisasi di setiap tempat keramaian hingga di kecamatan, saya yakin kita bisa sukses seperti yang kita lakukan saat memenangi Festival Perang Air, ini cara kita untuk memperkenalkan daerah kita," ujar Rizki. [Cakaplah.com]



 
Berita Lainnya :
  • Kepala Bayi Putus Tertinggal di Rahim Ibu, Polisi Duga Ada Kelalaian Nakes
  • Oknum Wartawan Ini Menjadi Otak Investasi Bodong
  • Panen Raya Melon di Siak Kecil, Bupati Ajak Kelola Lahan Secara Optimal
  • Amnesty International: Artificial Intelligence Jadi Ancaman Baru bagi HAM
  • AS Akui Israel Bunuh dan Lukai 80.000 Warga Palestina di Gaza hingga Akhir 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
    Berita Terkini Indeks
    #1 Kepala Bayi Putus Tertinggal di Rahim Ibu, Polisi Duga Ada Kelalaian Nakes
    #2 Oknum Wartawan Ini Menjadi Otak Investasi Bodong
    #3 Panen Raya Melon di Siak Kecil, Bupati Ajak Kelola Lahan Secara Optimal
    #4 Amnesty International: Artificial Intelligence Jadi Ancaman Baru bagi HAM
    #5 AS Akui Israel Bunuh dan Lukai 80.000 Warga Palestina di Gaza hingga Akhir 2023
    #6 Visa Jemaah Calon Haji Riau Dicetak, 6 Kloter Sudah Selesai
    #7 Penetapan NIP PPPK Pemprov Riau 2023 Masih Diproses BKN
    #8 Kisah Sulit Melaksanakan Haji di Zaman Khalifah Umar Bin Khattab
    #9 Thailand akan Bangun Gedung Tertinggi di Dunia, Ingin Kalahkan Burj Khalifa
    #10 Hujan Bakal Mengguyur Sebagian Wilayah Riau Hari Ini
     

    Riautrust.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya

    free html hit counter
     
    Quick Links
     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     
    Kanal
     
    + Riau Region
    + Politik
    + Ekbis
    + Metropolitan
    + Peristiwa
    + Nasional
    + Sport
    + SainsTech
    + Showbiz
    + Mozaik
    + Lifestyle
    + Internasional
    + Indeks
     
     

    Alamat Redaksi/Pemasangan iklan:

     
    Komplek Beringin Indah
    Jalan Kulim No. 121, Pekanbaru, Riau
    (0761)63515 - 0812-76-47104

    iklan_riautrust@yahoo.com
    redaksi_riautrust@yahoo.com
    www.riautrust.com
     
    Copyright © 2023 riautrust.com, all rights reserved