Breaking News
Unilak Dukung Program Literasi Digital Sektor Pendidikan Bagi Gen Z | Pemerintah Buka Kuliah Gratis Untuk Pekebun Kalapa Sawit Hingga ASN | Semangat Gesa Jalan, Pemprov Riau Mulai Perbaiki Jalan Ahmad Yani Pekanbaru | Indah dan Uniknya Stand Bazar MTQ Kabupaten Siak Tingkat Provinsi Riau di Dumai | Pekan Depan BUMN China ke Riau, Tinjau Lokasi Jembatan Bengkalis-Pulau Sumatera | Dihadiri Ribuan Masyarakat, MTQ XLII Provinsi Riau Dimeriahkan Ustaz Derry Sulaiman Kamis, 25 April 2024

 
BKAD Gelar MAD, Lpj UPK-SPP Kecamatan Kelayang Surplus Terbesar Se-Kabupaten Inhu Tahun 2019
Selasa, 18-02-2020 - 13:48:34 WIB

INHU - Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Kelayang melaksanakan Musyawarah Antar Desa (MAD) laporan pertanggung jawaban Unit Pengelolaan Kegiatan (UPK) Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Berkah Cemerlang, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Tahun Anggaran 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan di gedung serbaguna kantor kecamatan Kelayang, Selasa (18/2/2020). Hadir dalam acara tersebut Camat Kelayang Andrianto, SE, Kabid terkait di Dinas PMD Kabupaten Inhu, Fasilitator Kabupaten Inhu, Kades se-Kecamatan Kelayang, Ketua LPMD se-Kecamatan Kelayang, Ketua BPD se-Kecamatan Kelayang, Ketua atau perwakilan dari kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP), dan seluruh Kelembagaan BKAD Kecamatan Kelayang.

Camat Kelayang, Andrianto, SE dalam sambutan pembukaan mengatakan program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari jangkauan kelompok yang mendapat manfaat pinjaman semakin bertambah disamping itu juga nilai pinjaman juga semakin besar. Tak kalah pentingnya sebagian dari sisa hasil usaha disalurkan juga untuk kegiatan sosial.

"Program ini sangat besar manfaatnya, untuk itu semua pengelola tetap harus berkomitmen meningkatkan perekonomian masyarakat", harapnya.

Lebih lanjut dikatakan camat, asset yang telah dimiliki harus selalu dijaga dan dirawat agar tetap bermanfaat untuk kelangsungan program. Musyawarah Antar Desa (MAD) bukan hanya kegiatan seremonial tapi dari situlah suatu kegiatan akan dimulai, ujarnya.

Camat juga minta kepada Kades untuk bersinergi dalam pengelolaan SPP ini. MAD sangat penting karena ini media kita saling mengingatkan dan membuat program, tambahnya.

Pesan camat kepada ketua kelompok untuk memotifasi anggota agar program ini berjalan dengan baik dan terus berkembang.

Camat juga mengapresiasi UPK Berkah Cemerlang Kecamatan Kelayang karna lebih maju dibanding UPK lainnya di Kabupaten Inhu, ini terlihat dari perkembamgannya selama ini terutama di tahun 2019 yang mendapatkan surplus terbesar se-Kabupaten Inhu, dan ini agar terus dipertahankan .

"Saya mendorong untuk merumuskan kegiatan-kegiatan yang lebih produktif lagi terutama dalam membantu Rumah Tangga Miskin (RTM). Karna selain pendanaan untuk usaha kelompok, masyarakat umum harus juga ikut merasakan manfaat dari UPK", jelasnya.

Kedepan akan saya diskusikan terhadap bantuan-bantuan yang lebih produktif. Diharapkan kades berperan banyak dalam kegiatan ini terutama dalam memberikan masukan, jelasnya.

Pada tutup buku Tahun 2019 BKAD Kecamatan Kelayang dari program yang disusun pada laporan tahun 2016 hampir semuanya mencapai target.

Menurut Ketua BKAD, Muhammad Ardan, S.IP mengatakan banyak manfaat yang dirasakan masyarakat dalam kegiatan UPK, disamping pinjaman pendanaan juga ada penyaluran dana sosial.

Untuk perkembangan UPK sendiri terjadi peningkatan, surplus setiap tahunnya terjadi sejak tahun 2016. Untuk tahun 2016 surplus sebesar Rp.226.848.100,-. Tahun 2017 menjadi Rp. 282.837.357,-. Tahun 2018 surplus Rp 469.387.645,-. Dan surplus terbesar se-Kabupaten Inhu di tahun 2019 sebesar Rp 539.148.982,-.

Total asset produktif tahun 2019 sebesar Rp 5.309.318.323,.- Sementara total pinjaman di masyarakat mencapai Rp 4.447.737.153. Inilah dana yang dikelola UPK-SPP Berkah Cemerlang, Kecamatan Kelayang, ungkapnya. (ASH)



 
Berita Lainnya :
  • Unilak Dukung Program Literasi Digital Sektor Pendidikan Bagi Gen Z
  • Pemerintah Buka Kuliah Gratis Untuk Pekebun Kalapa Sawit Hingga ASN
  • Semangat Gesa Jalan, Pemprov Riau Mulai Perbaiki Jalan Ahmad Yani Pekanbaru
  • Indah dan Uniknya Stand Bazar MTQ Kabupaten Siak Tingkat Provinsi Riau di Dumai
  • Pekan Depan BUMN China ke Riau, Tinjau Lokasi Jembatan Bengkalis-Pulau Sumatera
  •  
    Komentar Anda :

     
    Berita Terkini Indeks
    #1 Unilak Dukung Program Literasi Digital Sektor Pendidikan Bagi Gen Z
    #2 Pemerintah Buka Kuliah Gratis Untuk Pekebun Kalapa Sawit Hingga ASN
    #3 Semangat Gesa Jalan, Pemprov Riau Mulai Perbaiki Jalan Ahmad Yani Pekanbaru
    #4 Indah dan Uniknya Stand Bazar MTQ Kabupaten Siak Tingkat Provinsi Riau di Dumai
    #5 Pekan Depan BUMN China ke Riau, Tinjau Lokasi Jembatan Bengkalis-Pulau Sumatera
    #6 Dihadiri Ribuan Masyarakat, MTQ XLII Provinsi Riau Dimeriahkan Ustaz Derry Sulaiman
    #7 Ketua DPRD Siak Ikuti Pawai Taaruf MTQ XLII Tingkat Provinsi di Dumai
    #8 Pria Solo Ajukan Uji Materi ke MK untuk SIM di Bawah 17 Tahun
    #9 Amalan Rasulullah saat Makkah Diterjang Angin Kencang
    #10 Pemerintah Segera Bentuk Satgas Terpadu Pemberantasan Judi Online
     

    Riautrust.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya

    free html hit counter
     
    Quick Links
     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     
    Kanal
     
    + Riau Region
    + Politik
    + Ekbis
    + Metropolitan
    + Peristiwa
    + Nasional
    + Sport
    + SainsTech
    + Showbiz
    + Mozaik
    + Lifestyle
    + Internasional
    + Indeks
     
     

    Alamat Redaksi/Pemasangan iklan:

     
    Komplek Beringin Indah
    Jalan Kulim No. 121, Pekanbaru, Riau
    (0761)63515 - 0812-76-47104

    iklan_riautrust@yahoo.com
    redaksi_riautrust@yahoo.com
    www.riautrust.com
     
    Copyright © 2023 riautrust.com, all rights reserved