All New Ayla dan Agya Segera Meluncur, Pakai CVT dan DNGA

Rendering Perodua Axia 2023

JAKARTA - Daihatsu Ayla dan Toyota Agya merupakan low cost and green car (LCGC) hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu. Dalam waktu dekat, generasi terbaru dari kedua model tersebut akan meluncur di Indonesia.

Rumors, All New Daihatsu Ayla dan All New Toyota Agya akan resmi dirilis pada Februari 2023. Menurut sumber KOMPAS.com, jadwal peluncuran bisa sebelum Indonesia International Motor Show (IIMS) atau di ajang pameran otomotif tahunan.

Ketika dikonfirmasi, Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Director Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum mau membuka keran informasi lebih besar. Dia hanya mengatakan pada waktunya rekan media akan melihat lebih dulu.

"Ditunggu saja, lengkapnya seperti apa nanti akan kita informasikan pada saat waktu yang tepat," ucap Agung saat berbincang dengan KOMPAS.com di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023).

Berdasarkan informasi, karena menyandang status All New maka secara tampilan juga akan mengalami perubahan yang signifikan baik dari sisi interior, hingga eksterior.

Bahkan yang paling menarik dari semua ubahan, yaitu Ayla dan Agya terbaru ini akan menggunakan platfom Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform tersebut dikembangkan oleh Daihatsu yang secara konsep mengikuti induknya, yaitu TNGA Toyota.

Platform ini sudah diaplikasikan pada sejumlah model Daihatsu, karena keunggulannya efisiensi kendaraan sangat diperhatikan bahkan hingga ke detail terkecil. Platform DNGA mulai digunakan di Jepang sejak 2017 dan 2021 di Indonesia melalui model Rocky.

"Kalau untuk itu juga mohon maaf saya belum bisa bicara banyak soal ini. Ditunggu saja, pasti akan kami undang," tutur Agung.

Sementara itu, informasinya Ayla dan Agya generasi terbaru ini bakal menggendong mesin yang sama seperti Raize dan Rocky, yaitu mesin 1.200 cc dengan kode WA-VE. Jantung pacu ini memiliki konfigurasi 3-silinder dengan tenaga mencapai 87 tk dan torsi 113 Nm.

Selanjutnya, mengenai sistem transmisi Agya-Ayla generasi kedua ini juga bakal mengadopsi teknologi yang sama pada Raize dan Rocky, yaitu transmisi otomatis model Continuously Variable Transmission (CVT).

Perlu diketahui juga Ayla dan Agya generasi pertama meluncur pada tahun 2013 untuk mengisi segmen LCGC untuk Daihatsu dan Toyota. Penerimaan masyarakat begitu baik karena dijual dengan harga terjangkau, seperti yang dilansir dari kompas.

Menyoal harga, sekarang ini mengacu pada situs resmi Daihatsu, Ayla paling murah dibanderol Rp 112,8 juta, dan termahal Rp 171,55 juta. Sementara Agya termurah Rp 159,7 juta, dan termahal Rp 181,5 juta. (*)

TERKAIT