Breaking News
Jemaah Haji Asal Inhil yang Sempat Dirawat di RS Germany Madinah Kembali di Tanah Air | Anyaman Pandan Salah Satu Potensi yang Dimiliki Kabupaten Inhil yang Berpotensi Dikembangkan | Hamparan Kelapa Dunia' Kabupaten Indragiri Hilir Surga Investasi Industri Pengolahan Kelapa | Pantai Solop di Desa Pualu Cawan, Potensi Investasi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Inhil | Peningkatan Pengawasan dan Mutu Pelayanan, Kepala DPMPTSP Haryono Ikuti Sosialiasi Ombudsman RI | Kain Songket Potensi Industri Kerajinan yang Bisa Dikembangkan di Indragiri Hilir Kamis, 25 Juli 2024

 
Sumbar Amati Keberhasilan Kampung Muara Kelantan Lewat Kampung Inklusi Keuangan
Rabu, 13-09-2023 - 22:08:39 WIB

Sumbar--Kampung Muara Kelantan, kecamatan Sungai Mandau kabupaten Siak pada tahun 2019 lalu, ditetapkan sebagai Kampung Inklusi Keuangan pertama di Provinsi Riau. Penetapan Kampung Inklusi Keuangan diluncurkan langsung Gubernur Riau Syamsuar.

Untuk di ketahui, Inklusi keuangan dalam rangka ketersediaan akses ke berbagai lembaga keuangan beserta produk dan layanan jasa mereka. Sebagai lembaga keuangan berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kemudahan menyimpan dan meminjam modal finansial.

Inklusi keuangan ini merupakan hak setiap orang untuk memiliki akses atau hak layanan keuangan yang secara baik dan tepat waktu, serta dengan biaya yang terjangkau.

Penetapan Kampung Inklusi Keuangan Muara Kelantan, bukan tidak beralasan, Pemerintah Kabupaten Siak melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), terus mendorong Bank Riau Kepri memperkenalkan layanan perbankan seperti Agen Laku Pandai, EDC Merchant, Merchant QRIS dan Kredit KUR pada masyarakat kampung Muara Kelantan telah berjalan.

“Keberhasilan Siak meraih penghargaan TPAKD Award 2021 kategori penyediaan akses keuangan di wilayah terpencil, tak terlepas atas dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau,termasuk peran Bank RiauKepri Syariah”ujar wakil Bupati Siak Husni Merza saat menjadi narasumber, dalam Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) TPAKD Se-Provinsi Sumatra Barat, bertempat di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat, Selasa (12/9/2023).

Ia menjelaskan pentingnya akses keuangan di wilayah terpencil, agar masyarakat dapat mengakses jasa keuangan formal, mengoptimalkan program inklusi keuangan pada pelajar, pelaku usaha kecil, para petani dan ternak sapi termasuk meningkatkan literasi masyarakat bidang keuangan.

“Alhamdulillah, dengan begitu ekonomi warga tumbuh, riak ekonomi warga kampung mulai bangkit. Selain itu, bank riau syariah meluncurkan program agen laku telah berjalan terlihat, pertumbuhan debitur termasuk juga membantu masyarakat terhindar dari pinjaman online yang tidak bertanggungjawab,”papar Husni di depan pejabat dan ASN di kantor Gubernur Sumbar.

Itulah sebabnya, kata Husni kampung Muara Kelantan, kecamatan Sungai Mandau kabupaten Siak masuk dalam SK Gubernur Riau tahun 2020. Sebagai kampung inklusi keuangan pertama di Provinsi Riau. Berdasarkan data BPS provinsi Riau angka pertumbuhan ekonomi kabupaten siak terus mengalami peningkatan dan terakhir di tahun 2022 tumbuh mencapai 3,78 persen.

“Muara Kelantan, Sungai Mandau sebuah kampung kecil yang berpenduduk kurang lebih 1000 kepala keluarga, mata pencaharian penduduk petani sawit dan padi, nelayan dan ternak. Apa yang kami capai di 2021, setelah desa itu, ditetapkan desa inklusif keuangan. Sebelumnya di kampung itu tidak ada simpanan pelajar, tapi setelah menjadi desa inklusif keuangan ada 382 simpel (atau simpanan pelajar),”terangnya.

Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) TPAKD se-Provinsi Sumatera Barat dalam rangka meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera, dengan Peningkatan Inklusi Keuangan Melalui Program Kerja Unggulan Daerah dan Layanan Produk/Keuangan Syariah.(R).




 
Berita Lainnya :
  • Jemaah Haji Asal Inhil yang Sempat Dirawat di RS Germany Madinah Kembali di Tanah Air
  • Disesalkan, Fasilitas Olahraga Pertamina Tak Boleh Dipakai untuk Kejurkot Dumai
  • SDIT Ath Thariq 1 Dumai Laksanakan Training Peningkatan Mutu Guru
  • Gaji ASN Bakal Naik Lagi Tahun 2025
  • Sukses Pelaksanaan Haji Provinsi Riau adalah Wujud Komitmen Bersama
  •  
    Komentar Anda :

     
    Berita Terkini Indeks
    #1 Jemaah Haji Asal Inhil yang Sempat Dirawat di RS Germany Madinah Kembali di Tanah Air
    #2 Disesalkan, Fasilitas Olahraga Pertamina Tak Boleh Dipakai untuk Kejurkot Dumai
    #3 SDIT Ath Thariq 1 Dumai Laksanakan Training Peningkatan Mutu Guru
    #4 Gaji ASN Bakal Naik Lagi Tahun 2025
    #5 Sukses Pelaksanaan Haji Provinsi Riau adalah Wujud Komitmen Bersama
    #6 Superior, Pemilik Sabu Ratusan Gram Tak Berkutik Saat Diciduk Personil Polsek Tambusai Utara
    #7 Rasidah, Buat Program Kerja PKK Yang Menyentuh Masyarakat
    #8 Wabup Siak hadiri Peringatan Harganas di Pekanbaru
    #9 Siswa SMA Usia 17 Tahun di Siak Bisa Bikin KTP Elektronik Gratis
    #10 Hapus Penjurusan di SMA, Ini Alasan Kemendikbud
     

    Riautrust.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya

    free html hit counter
     
    Quick Links
     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     
    Kanal
     
    + Riau Region
    + Politik
    + Ekbis
    + Metropolitan
    + Peristiwa
    + Nasional
    + Sport
    + SainsTech
    + Showbiz
    + Mozaik
    + Lifestyle
    + Internasional
    + Indeks
     
     

    Alamat Redaksi/Pemasangan iklan:

     
    Komplek Beringin Indah
    Jalan Kulim No. 121, Pekanbaru, Riau
    (0761)63515 - 0812-76-47104

    iklan_riautrust@yahoo.com
    redaksi_riautrust@yahoo.com
    www.riautrust.com
     
    Copyright © 2023 riautrust.com, all rights reserved