Breaking News
Jemaah Haji Asal Inhil yang Sempat Dirawat di RS Germany Madinah Kembali di Tanah Air | Anyaman Pandan Salah Satu Potensi yang Dimiliki Kabupaten Inhil yang Berpotensi Dikembangkan | Hamparan Kelapa Dunia' Kabupaten Indragiri Hilir Surga Investasi Industri Pengolahan Kelapa | Pantai Solop di Desa Pualu Cawan, Potensi Investasi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Inhil | Peningkatan Pengawasan dan Mutu Pelayanan, Kepala DPMPTSP Haryono Ikuti Sosialiasi Ombudsman RI | Kain Songket Potensi Industri Kerajinan yang Bisa Dikembangkan di Indragiri Hilir Kamis, 25 Juli 2024

 
Bupati Siak Buka Pelaksanaan MTQ ke - XXIV Tingkat Kecamatan Siak Tahun 2024
Sabtu, 02-03-2024 - 21:22:54 WIB

SIAK - MTQ ke - XXIV tingkat Kecamatan Siak tahun 2024 ini, mengangkat tema "Melalui MTQ - XXIV Kecamatan Siak, kita tingkatkan Pemahaman Al-Qur’an menuju Generasi Emas Qur’ani yang Gemilang dan Terbilang".

Sekretaris Camat Siak Wardani, yang juga Ketua pelaksana MTQ ke - XXIV tingkat Kecamatan Siak tahun 2024 menjelaskan bahwa MTQ ke - XXIV tingkat Kecamatan Siak dilaksanakan selama 3 hari, terhitung dari tanggal 1 sampai 3 Maret 2024.

"MTQ ke - XXIV tingkat Kecamatan Siak tahun 2024, diikuti sebanyak 246 peserta. Dengan jumlah cabang pertandingan diantaranya cabang Tilawah Al-Qur’an golongan Tartil putra dan putri diikuti 17 peserta, golongan Tilawah anak putra dan putri diikuti 16 peserta, golongan Tilawah Remaja putra dan putri diikuti 17 peserta, golongan Tilawah Dewasa putra dan putri diikuti 13 peserta", jelas Wardani.

Selain itu, sambungnya, ada beberapa cabang lainnya, seperti cabang Hifzil Al-Qur’an golongan 1 juz dan Tilawah putra diikuti 15 peserta, golongan 5 juz Tilawah putra dan putri diikuti 15 peserta, golongan 10 juz Tilawah putra dan putri diikuti 11 peserta, cabang Fahmil Al-Qur’an putra dan putri diikuti 42 peserta, cabang Syahril Qur’an putra dan putri diikuti 45 peserta, Khattil Qur’an diikuti 10 peserta, cabang Barzanji diikuti 45 peserta.

Selanjutnya Bupati Siak Alfedri dalam arahannya terlebih dahulu mengucapkan selamat dan apresiasi Pemerintah Kecamatan Siak, yang telah menyelenggarakan MTQ ke - XXIV tingkat Kecamatan Siak tahun 2024, di halaman Masjid Sultan Syarif Hasyim, Komplek Islamic Center.

"Dengan diselenggarakannya MTQ ini, kami berharap akan terpilih para Qari dan Qariah serta para Kafilah terbaik untuk mewakili Kecamatan Siak pada MTQ tingkat Kabupaten Siak tahun 2024 di Kecamatan Minas. Dan kami juga berharap melalui pelaksanaan MTQ ini, dan juga pembinaan yang dilakukan, Kecamatan Siak kembali meraih juara umum pada MTQ tingkat Kabupaten Siak tahun 2024 nantinya", harap Alfedri.

Alfedri juga menginformasikan, untuk pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Siak tahun 2024, akan diselenggarakan pada bulan Juni di Kecamatan Minas. Akan tetapi, sebelum itu Pemerintah Kabupaten Siak terlebih dahulu akan mengikuti MTQ XLII tingkat Provinsi Riau tahun 2024, pada tanggal 21 s/d 27 April 2024 di Kota Dumai.

Bupati Alfedri juga bersyukur dan merasa sangat senang, karena kehidupan keagamaan di Kabupaten Siak dari waktu ke waktu semakin baik khususnya agama islam. Dimulai dari syiar islam, kegiatan-kegiatan keagamaan, dan pendidikan keagamaan islam dari tahun ke tahun terus meningkat.

"Alhamdulillah minat orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya ke pondok pesantren semakin tinggi. Hal itu terlihat dari 48 Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Siak, rata-rata semuanya kekurangan kelas / lokal dan asrama", ucapnya.

Selain itu, anak-anak yang bersekolah di sekolah umum, juga ada pendidikan khusus agama islam. Seperti tingkat SD ada MDTA, tingkat SMP ada MDTW.

"Kita juga sudah membuat program agar anak-anak yang bersekolah di MDTA ini bisa hafal 1 juz minal juz 30. Dan anak-anak yang bersekolah di MDTW diharapkan bisa menambah menjadi 2 juz. Sehingga setamatnya anak kita di MDTW sudah hafal minimal 3 juz", ujar Alfedri.

Selain itu, Alfedri berharap dengan kuatnya ilmu agama yang telah di pelajari oleh anak-anak yang juga generasi penerus bangsa, diharapkan mampu menjauhkan dari dampak negatif perkembangan zaman. Seperti penyalahgunaan narkoba, dan dampak negatif dari Smartphone serta pergaulan bebas.

"Dengan kuatnya ilmu agama didalam diri anak-anak kita, akan menjadi benteng bagi mereka untuk tidak terjerumus kedalam dampak negatif perkembangan zaman", pinta Bupati Siak tersebut.

Pembukaan MTQ ke - XXIV tingkat Kecamatan Siak tahun 2024, juga dihadiri oleh Camat Siak Ari Darmawan, Kepala Kemenag Kabupaten Siak / mewakili, Penghulu dan Lurah se-Kecamatan Siak, serta tamu undangan lainnya.(R)




 
Berita Lainnya :
  • Jemaah Haji Asal Inhil yang Sempat Dirawat di RS Germany Madinah Kembali di Tanah Air
  • Disesalkan, Fasilitas Olahraga Pertamina Tak Boleh Dipakai untuk Kejurkot Dumai
  • SDIT Ath Thariq 1 Dumai Laksanakan Training Peningkatan Mutu Guru
  • Gaji ASN Bakal Naik Lagi Tahun 2025
  • Sukses Pelaksanaan Haji Provinsi Riau adalah Wujud Komitmen Bersama
  •  
    Komentar Anda :

     
    Berita Terkini Indeks
    #1 Jemaah Haji Asal Inhil yang Sempat Dirawat di RS Germany Madinah Kembali di Tanah Air
    #2 Disesalkan, Fasilitas Olahraga Pertamina Tak Boleh Dipakai untuk Kejurkot Dumai
    #3 SDIT Ath Thariq 1 Dumai Laksanakan Training Peningkatan Mutu Guru
    #4 Gaji ASN Bakal Naik Lagi Tahun 2025
    #5 Sukses Pelaksanaan Haji Provinsi Riau adalah Wujud Komitmen Bersama
    #6 Superior, Pemilik Sabu Ratusan Gram Tak Berkutik Saat Diciduk Personil Polsek Tambusai Utara
    #7 Rasidah, Buat Program Kerja PKK Yang Menyentuh Masyarakat
    #8 Wabup Siak hadiri Peringatan Harganas di Pekanbaru
    #9 Siswa SMA Usia 17 Tahun di Siak Bisa Bikin KTP Elektronik Gratis
    #10 Hapus Penjurusan di SMA, Ini Alasan Kemendikbud
     

    Riautrust.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya

    free html hit counter
     
    Quick Links
     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     
    Kanal
     
    + Riau Region
    + Politik
    + Ekbis
    + Metropolitan
    + Peristiwa
    + Nasional
    + Sport
    + SainsTech
    + Showbiz
    + Mozaik
    + Lifestyle
    + Internasional
    + Indeks
     
     

    Alamat Redaksi/Pemasangan iklan:

     
    Komplek Beringin Indah
    Jalan Kulim No. 121, Pekanbaru, Riau
    (0761)63515 - 0812-76-47104

    iklan_riautrust@yahoo.com
    redaksi_riautrust@yahoo.com
    www.riautrust.com
     
    Copyright © 2023 riautrust.com, all rights reserved