Breaking News
Jemaah Haji Asal Inhil yang Sempat Dirawat di RS Germany Madinah Kembali di Tanah Air | Anyaman Pandan Salah Satu Potensi yang Dimiliki Kabupaten Inhil yang Berpotensi Dikembangkan | Hamparan Kelapa Dunia' Kabupaten Indragiri Hilir Surga Investasi Industri Pengolahan Kelapa | Pantai Solop di Desa Pualu Cawan, Potensi Investasi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Inhil | Peningkatan Pengawasan dan Mutu Pelayanan, Kepala DPMPTSP Haryono Ikuti Sosialiasi Ombudsman RI | Kain Songket Potensi Industri Kerajinan yang Bisa Dikembangkan di Indragiri Hilir Kamis, 25 Juli 2024

 
Pangantin Sahur, Tradisi Masyarakat Inhil Bangunkan Warga di Bulan Ramadan
Rabu, 13-03-2024 - 07:45:02 WIB

PEKANBARU  - Sebagian besar masyarakat Riau mungkin banyak yang belum mengetahui. Ternyata di Kabupaten Indragiri Hilir (Hilir) terdapat tradisi yang cukup unik saat datang bulan puasa. Tradisi tersebut disebut 'Pengantin Sahur'.

Tradisi Pengantin Sahur sebagaimana diketahui, bahwa cikal bakal adanya tradisi tersebut bermula dari aktifitas masyarakat Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Inhil.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen mengatakan, jika di Riau terdapat tradisi saat bulan puasa sebuah karya Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang sudah ditetapkan pemerintah yaitu Pengantin Sahur.

"Pengantin Sahur ini dilakukan masyarakat untuk membangun orang sahur saat bulan puasa. Tradisi ini sekarang sudah ditetapkan sebagai WBTB oleh pemerintah," kata Raja Yose, Selasa (12/3/2024).

Lebih lanjut Raja Yose menceritakan asal mula Pengantin Sahur. Dimana pada sekitar tahun 80-an suasana desa yang masih sepi jika dibandingkan dengan saat ini. Saat itu rumah-rumah jaraknya berjauhan dengan penduduknya yang sedikit pada waktu itu.

"Maka pada waktu itu muncullah gagasan-gagasan atau ide kreatif dari pemuda yang memiliki bakat seni. Mereka bermaksud menghibur masyarakat desanya dengan menghadirkan keriuhan bermain orkes," terangnya.

"Khusus di waktu Ramadan dibuat pula acara bagerakan, yang bertujuan untuk membangunkan warga di waktu sahur. Karena peran utamanya adalah pengantin, maka lekatlah sebutan Pengantin Sahur atau Pengantin Subuh," sambungnya.

Raja Yose menyebut, keunikan dari tradisi ini yaitu sepasang pengantin yang didandan dengan sedemikian rupa, lalu diarak berkeliling desa.

"Jadi kedua pengantin diperankan oleh laki-laki dengan salah satunya didandan sebagai perempuan. Karena memang tujuannya hendak menghibur, maka kreatifitas seperti ini dijalani dengan sukacita. Apalagi maksud utamanya adalah membangunkan warga untuk bersahur," ungkapnya.

Hingga di tahun 2024 ini, lanjut Raja Yose, tradisi Pengantin Sahur masih tetap berlangsung. Meskipun setiap tahun selalu ada kreatifitas baru, namun yang utamanya ialah menghadirkan peran-peran pengantin, baik hanya sepasang maupun beberapa pasang dengan kemeriahan bebunyian yang berasal dari perkakas dan alat musik.

"Tradisi Pengantin Sahur ini merupakan tradisi membangunkan warga untuk bersahur dengan mengarak beberapa pasang pengantin yang mempelai wanitanya diperankan oleh laki-laki, dan tradisi ini dilaksanakan pada bulan Ramadan saja," jelasnya.

"Tradisi ini lahir sejak tahun 1981 dan berkembang hingga sekarang. Informan dari penelitian ini adalah masyarakat Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Inhil," tutupnya.  

(Mc Riau)





 
Berita Lainnya :
  • Jemaah Haji Asal Inhil yang Sempat Dirawat di RS Germany Madinah Kembali di Tanah Air
  • Disesalkan, Fasilitas Olahraga Pertamina Tak Boleh Dipakai untuk Kejurkot Dumai
  • SDIT Ath Thariq 1 Dumai Laksanakan Training Peningkatan Mutu Guru
  • Gaji ASN Bakal Naik Lagi Tahun 2025
  • Sukses Pelaksanaan Haji Provinsi Riau adalah Wujud Komitmen Bersama
  •  
    Komentar Anda :

     
    Berita Terkini Indeks
    #1 Jemaah Haji Asal Inhil yang Sempat Dirawat di RS Germany Madinah Kembali di Tanah Air
    #2 Disesalkan, Fasilitas Olahraga Pertamina Tak Boleh Dipakai untuk Kejurkot Dumai
    #3 SDIT Ath Thariq 1 Dumai Laksanakan Training Peningkatan Mutu Guru
    #4 Gaji ASN Bakal Naik Lagi Tahun 2025
    #5 Sukses Pelaksanaan Haji Provinsi Riau adalah Wujud Komitmen Bersama
    #6 Superior, Pemilik Sabu Ratusan Gram Tak Berkutik Saat Diciduk Personil Polsek Tambusai Utara
    #7 Rasidah, Buat Program Kerja PKK Yang Menyentuh Masyarakat
    #8 Wabup Siak hadiri Peringatan Harganas di Pekanbaru
    #9 Siswa SMA Usia 17 Tahun di Siak Bisa Bikin KTP Elektronik Gratis
    #10 Hapus Penjurusan di SMA, Ini Alasan Kemendikbud
     

    Riautrust.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya

    free html hit counter
     
    Quick Links
     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     
    Kanal
     
    + Riau Region
    + Politik
    + Ekbis
    + Metropolitan
    + Peristiwa
    + Nasional
    + Sport
    + SainsTech
    + Showbiz
    + Mozaik
    + Lifestyle
    + Internasional
    + Indeks
     
     

    Alamat Redaksi/Pemasangan iklan:

     
    Komplek Beringin Indah
    Jalan Kulim No. 121, Pekanbaru, Riau
    (0761)63515 - 0812-76-47104

    iklan_riautrust@yahoo.com
    redaksi_riautrust@yahoo.com
    www.riautrust.com
     
    Copyright © 2023 riautrust.com, all rights reserved