Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir
 
Tak Kunjung Selesai Dibangun, Jalan Lintas Kubu Rohil hanya Jadi Pemanis Janji Politik
Rabu, 22 Januari 2020 - 14:44:46 WIB
 

Meski sudah merdeka dari penjajahan sejak 74 tahun lalu, ternyata masih ada daerah-daerah di Indonesia yang belum mengenyam manisnya kemerdekaan. Hal itu dialami oleh masyarakat Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Masalah yang dihadapi masyarakat Kubu dan Kubu Babussalam saat ini ialah akses utama transportasi jalan lintas. Jalan yang dianggap masyarakat sebagai urat nadi ini, kini sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, Kubu sebagai salah satu kecamatan tertua masih saja tersendat pembangunan terutama dalam hal jalan.

Itu terlihat dari kondisi jalan yang rusak parah sejauh kurang lebih 35 kilometer. Saling lempar tanggung jawab antara pemerintah daerah dengan perusahaan swasta pun membuat jalan ini dari tahun ke tahun tidak kunjung mendapat kepastian kapan akan digesa pembangunannya.

Pada tahun 2015 lalu, telah disepakati antara Banggar DPRD Rohil saat hearing bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Rohil, bahwa pembangunan berupa rigit dan masuk ke dalam proyek tahun jamak (multi years) yang akan dimulai pada tahun 2016. Ini layak diapresiasi.

Kebijakan yang dikeluarkan menunjukkan bahwa pemerintah daerah tidak begiru serius membangun dan tidak mengkaji secara historisnya dengan benar.

Padahal masyarakat Kubu telah lama menginginkan jalan yang bagus dan layak dilintaso. Jalan Kubu ini hancur tidak terjadi baru-baru ini, sudah lama! Bahkan sudah puluhan tahun. Namun tidak ada kepastian penuntasan pembangunannya.

Perlu diketahui, sistem rigit tahun jamak atau multi years yang dikeluarkan pemerintah daerah untuk membangun jalan ini, juga menunjukkan sikap ketidakseriusan. Bagaimana tidak, yang katanya setiap 4 tahun jalan ini dibangun sepanjang 15 kilometer tampaknya hanyalah bualan saja. Sudah berapa tahun terhitung sejak 2016 dan hari ini belum sampai 3 kilometer panjang jalan yang dibangun.

Masyarakat Kubu bertahun-tahun seakan hanya menjadi korban janji politik, oleh para politisi semasa kampanye. Sebelum mereka terpilih.

Selama ini masyarakat ibarat termakan janji manis para politikus. Isu jalan ini menjadi isu central yang digaungkan oleh mereka yang menginginkan kekuasaan di masa kampanye. Tapi lihatlah kondisinya saat ini. (hrc)

Penulis: Khudri, Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, Universitas Abdurrab.

 


Momen Harkitnas, Bupati Rohil Ajak Seluruh Elemen Bersatu Bangun Daerah

IAI Cabang Rohil Bagikan Paket Sembako Untuk Masyarakat Dhuafa

Wabup Rohil Hadiri RUPS Luar Biasa dan RUPS Tahunan 2021 Bank Riau Kepri

Bupati Rohil Minta Perangkat Desa Data Warganya Agar Mendapat Bantuan dari Pemerintah

Bupati Rohil Serahkan 226 SK CPNS Menjadi PNS Formasi 2018

Bupati Rohil Serahkan Bantuan Rp50 Juta Rangkain Safari Ramadhan di Rimba Melintang

Bupati Rohil Bagikan Takjil ke Pengendara Becak

Bupati Rohil Audiensi dengan Rektor Universitas Riau Bahas Kerjasama Program Beasiswa

Safari Ramadan, Kakanwil BPN Riau Beri Pembinaan kepada BPN Rohil

Afrizal Sintong: Pemerataan Akses Internet Menjadi Kendala Utama di Rohil Saat Ini

 
HOME | UTAMA
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HILIR © 2015