Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir
 
ADVERTORIAL PEMKAB ROKAN HILIR
Pemkab Rohil Akan Bangun Jembatan dan Pasar Sinaboi
Senin, 27 April 2020 - 15:00:04 WIB
 

ROKANHILIR, RIAUTRUST.COM - Sejumlah pembangunan infrastruktur di Kecamatan Sinaboi akan dilaksanakan pada tahun ini. Infrastruktur dimaksud berupa pembangunan jembatan maupun pasar, menyikapi kondisi dan perkembangan yang ada sehingga perlunya pembangunan lebih maksimal lagi untuk pasar dan jembatan.

Salah satunya pembangunan jembatan di Kepenghuluan Sinaboi, di mana pada saat ini jembatan tersebut masih terbuat dari kayu. Sementara mobilitas warga yang melintas selalu tinggi setiap harinya. Sudah beberapa kali jembatan tersebut dilakukan perbaikan seadanya oleh masyarakat, begitu juga dibantu oleh pemda maupun pemerintahan kecamatan dan kepenghuluan, namun karena keterbatasan yang ada maka untuk pembangunan jembatan belum bisa maksimal.

“Makanya nanti akan dibangun secara keseluruhan jembatan di Sinaboi, untuk itu sudah kami usulkan ke Pemrov Riau, dan menurut hitungan awalnya dana yang diperlukan mencapai Rp62 miliar. Namun saya sendiri menilai anggaran tersebut cukup besar,” kata Bupati. Rokan Hilir Suyatno dalam beberapa kali kesempatan

Untuk itu, terangnya, diminta agar perencanaan diperhatikan betul-betul, namun jika hanya anggaran lebih kecil dari angka yang ada, seperti Rp20 miliar misalnya kata bupati maka Pemda akan siap mengunakan anggaran dari daerah Rohil saja untuk pembangunan jembatan tersebut.

“Namun kami akan lihat seperti apa nanti bagusnya untuk pembangunan jembatan tersebut, ditargetkan minimal pada 2021 itu sudah masuk perencanaannya. Kita juga berusaha mengusulkan ke pusat untuk pembangunan jembatan itu melalui BNPP, dan pihak terkait sudah setuju jika jembatan Sinaboi dibangun, karena merupakan salah satu kecamatan yang berbatasan langsung negara tetangga yakni Malaysia,” kata bupati.

Karena kondisi geografis itu, mengingat Rohil secara umum ataupun Sinaboi secara khusus adalah daerah terluar, perbatasan, maka menjadi salah satu prioritas pemerintah untuk dibangun.

“Tapi jika untuk pembangunan itu pusat belum terealisasi nantinya, maka kami akan berupaya membangun jembatan Sinaboi dari anggaran APBD Rohil saja,” kata bupati.  Selain pembangunan jembatan katanya, terdapat juga pembangunan pasar di Sinaboi.

Pembangunan pasar terangnya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan anggaran Rp4 miliar lebih. “Diperkirakan tahun ini akan dibangun, tim survey sudah ke lokasi pembangunan pasar tersebut,” kata bupati.

Jalan Lintas Pesisir Dibangun Bertahap


Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri, langit, pohon, luar ruangan dan alam

Pemerintah Daerah Kabupaten Rohil memprioritaskan pembangunan jalan lintas pesisir yang dilaksanakan dengan sistem tahun jamak atau multiyears. Pembangunan jalan lintas pesisir merupakan jalan penghubung untuk menjangkau daerah pesisir menuju Pedamaran II, Kecamatan Pekaitan, Kubu, Kubu Babussalam sampai ke Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Karena itu, rencana pembangunannya dilaksanakan berahap dengan sistem multiyears sehingga kualitas jalan yang dibangun sangat baik dan kuat apalagi mengingat lalu lintas masyarakat, jasa transportasi serta angkutan hasil perkebunan sangat tinggi di jalur tersebut.

Pembangunan jalan lintas tersebut sudah menjadi komitmen pemkab untuk perbaikan infrastruktur yang menyeluruh, begitu juga dukungan dari anggota dewan yang berasal dari daerah pemilihan Kecamatan Kubu dan Pasir Limau Kapas. Bahkan Pemerintah Provinsi Riau sudah mengucurkan dana Rp417 miliar untuk pembangunan Jalan Lintas Pesisir Kabupaten Rokan Hilir yang dimulai dari Pedamaran hingga ke Kualo Kubu.

Jika pembangunan Jalan Lintas Pesisir yang dimulai dari Jembatan Pedamaran II menuju Kecamatan Pekaitan, Kubu, Pasir Limau Kapas hingga ke Labuhan Batu Selatan selesai, Pemkab Rohil akan melanjutkan pembangunan Jalan Lintas Sinaboi Dumai.

“Kami akan coba menelusuri Jalan Lintas Sinaboi Dumai dengan kenderaan roda dua guna melihat seperti apa kondisi jalan tersebut. Karena informasi yang saya dengar tanah disana banyak digarap,” kata Bupati.

Bupati menilai apabila kedua jalan lintas pesisir tersebut sudah terbuka Kabupaten Rokan Hilir tidak akan menjadi negeri yang terisolir. Bukan hanya itu Pemkab Rohil saat ini juga sedang melakukan pembangunan Jalan Lintas Pesisir dari Tugu Elang Batu Enam, Bagansiapiapi menuju Jalan Lingkar ke pelabuhan nelayan sepanjang enam kilometer.

Seperti Jembatan Pedamaran I dan Pedamaran II yang sudah diresmikan oleh Bupati Rokan Hilir H Suyatno, merupakan salah satu jalan alternatif menuju lintas pesisir Rohil yang terus digesa pembangunannya oleh Pemerintah Provinsi Riau dan pemerintah setempat.
Kedua jembatan tersebut dibangun sejak tahun 2006 hingga 2012 lalu dengan panjang Jembatan Pedamaran I 1.020 meter dan Jembatan Pedamaran II 1.200 meter.

Jalan lintas pesisir yang dimaksud dimulai dari perbatasan antara Kota Dumai dengan Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir, kemudian menuju Bagansiapiapi hingga ke Jembatan Pedamaran I. Selanjutnya, dari Jembatan Pedamaran I menyeberangi lagi melalui jembatan Pedamaran II menuju Kecamatan Pekaitan, Kubu, Pasir Limau Kapas hingga ke perbatasan wilayah antara Kabupaten Rokan Hilir dengan Labuhan Batu Selatan, Provinsi Sumatera Utara. (adv)
 


Momen Harkitnas, Bupati Rohil Ajak Seluruh Elemen Bersatu Bangun Daerah

IAI Cabang Rohil Bagikan Paket Sembako Untuk Masyarakat Dhuafa

Wabup Rohil Hadiri RUPS Luar Biasa dan RUPS Tahunan 2021 Bank Riau Kepri

Bupati Rohil Minta Perangkat Desa Data Warganya Agar Mendapat Bantuan dari Pemerintah

Bupati Rohil Serahkan 226 SK CPNS Menjadi PNS Formasi 2018

Bupati Rohil Serahkan Bantuan Rp50 Juta Rangkain Safari Ramadhan di Rimba Melintang

Bupati Rohil Bagikan Takjil ke Pengendara Becak

Bupati Rohil Audiensi dengan Rektor Universitas Riau Bahas Kerjasama Program Beasiswa

Safari Ramadan, Kakanwil BPN Riau Beri Pembinaan kepada BPN Rohil

Afrizal Sintong: Pemerataan Akses Internet Menjadi Kendala Utama di Rohil Saat Ini

 
HOME | UTAMA
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HILIR © 2015