Pemerintah Kabupaten Siak - Mari Bersama Kita Wujudkan Siak Menjadi Kota Terbersih di Provinsi Riau
 
INFOTORIAL PEMERINTAH KABUPATEN SIAK
Buka Kegiatan PLM, Jamal: Pustaka Menjadi Wadah Pembelajaran Sepanjang Hayat
Jumat, 17 September 2021 - 22:38:18 WIB
 

SIAK - Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Siak Jamaluddin, mengatakan perpustakaan dengan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan program Nasional, ini dilakukan dalam upaya mewujudkan perpustakaan yang mampu melakukan perubahan - perubahan sehingga memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan masyarakat.

"Kita berharap adanya perubahan pola pikir di masyarakat kampung, jadi kita boleh orang kampung tapi pemikiran kita tidak boleh kampungan. Kita boleh tinggal dikampung, tapi kita tidak boleh kampungan,"kata Jamal
membuka kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, yang di taja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kabupaten Siak, di Kantor Dinas Perpustakaan, Selasa (14/9/21).

Lanjutnya, PLM artinya kesetaraan pembelajaran, bagi pustaka dan pustakawan yang ada di Kabupaten Siak akan disosialisasikan, disebarluaskan, dan diperkenalkan kepada masyarakat Kabupaten Siak. Karena ini juga merupakan suatu program dari pemerintah pusat upaya untuk pemecahan permasalahan dalam mengetaskan ketertinggalan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).

"Tentunya tidak semua masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Siak bisa belajar di bangku pelajaran, bagi kita warga Kabupaten Siak ini yang sudah lepas dari bangku pelajaran masih ada kesempatan kita untuk belajar, karena belajar itu sepanjang hayat. Jangan pernah berhenti kita belajar, belajar tidak hanya di bangku sekolah atau pun kuliah tetapi ada tempat lain yang bisa kita gunakan untuk belajar, inilah pemerintah menyediakan perpustakaan" sebutnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak M Arifin melaporkan, Peer Learning Meeting (PLM) merupakan replikasi program dari pustaka Nasional yang dilakukan di tingkat Provinsi sampai Tingkat Kabupaten. Learning merupakan salah satu kegiatan pendampingan mentoring yang dilakukan dalam program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dengan cara mengumpul para pengolah perpustakaan untuk sharing berbagi pengalaman seputar keberhasilan yang telah mereka capai dalam mengembangkan pustakaan.

Lanjut Arifin menjelaskan, maksud dan tujuan kegiatan PLM ini adalah untuk memfasilitasi pengelolaan perpustakaan se -Kabupaten Siak, dalam membangun motivasi, berbagi ilmu, dan pengalaman dalam melaksanakan pengembangan perpustakaan dan kerjasama kemitraan.

Dalam kegiatan ini juga di umumkan pemenang Lomba Perpustakaan Desa Terbaik dan Lomba Video Promosi. Dan pemenang untuk kategori Lomba Perpustakaan Desa Terbaik yaitu, Juara I Perpustakaan Cerdas Kampung Langsat Permai Kecamatan Bungaraya, Juara II Perpustakaan Bina Ilmu Kampung Sialang Sakti Kecamatan Dayun, dan Juara III Perpustakaan Setia Sehati Kampung Rawang Kaobarat Lecamatan Lubuk Dalam.

Selanjutnya pemenang Lomba kategori Video Promosi Juara I di raih Perpustakaan Sri Pandan Wangi Kecamatan Mempura, Juara II Perpustakaan Lentera Kecamatan Dayun, dan Juara ke III Perpustakaan Tuah Negoi Kecamatan Dayun. (Info)

Turut hadir dalam acara ini, Bunda Literasi Kabupaten Siak Rasyidah Alfedri, Wakil Ketua PKK Kabupaten Siak Ananda Laila Putri, Ketua Dharma Wanita beserta pengurus, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak M Arifin beserta jajarannya, Rektor UNILAK Junaidi, para Camat, penghulu, serta OPD terkait lainnya.(Rdf/Info)
 


Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:56:06 WIB
Mantan Bupati Bengkalis Amril Mukminin Dieksekusi ke Rutan Pekanbaru

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:47:29 WIB
Usai Khutbah Jumat, Wabup Siak Husni Mirza Serahkan IMB Masjid Alfurqon Kwalian

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:45:03 WIB
Pantai Beting dan Hutan Mangrov Tanjung Layang Potensi Wisata Bahari Tersembunyi

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:42:39 WIB
Bupati Siak: RDTR Beri Kepastian Bagi Calon Investor di Kawasan Industri Tanjung Buton

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:39:53 WIB
Bupati Alfedri Sebut Penanganan Stunting Butuh Kerjasama Multipihak

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:37:45 WIB
Serahkan Zakat Secara Langsung, Wabup Husni Sampaikan 2 Pesan kepada Mustahik.

Selasa, 19 Oktober 2021 - 06:57:41 WIB
Beri Pelayanan Maksimal kepada Peserta JKN-KIS, RSUD Siak Raih Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Selasa, 19 Oktober 2021 - 06:52:33 WIB
Wabup Siak Minta Pemanfaatan CSR Memperhatikan Prinsip Kelestarian Lingkungan

Selasa, 19 Oktober 2021 - 06:50:12 WIB
Bupati Alfedri Berharap dengan MTQ Dapat Menumbuhkan Manusia Qurani

Selasa, 19 Oktober 2021 - 06:46:28 WIB
Bupati Alfedri Temui Korban Kebakaran di Tualang dan Serahkan Santunan

 
HOME | UTAMA
PEMERINTAH KABUPATEN SIAK © 2013