Pemerintah Kabupaten Siak - Mari Bersama Kita Wujudkan Siak Menjadi Kota Terbersih di Provinsi Riau
 
INFOTORIAL PEMERINTAH KABUPATEN SIAK
Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI ke Siak, Petani Keluhkan Mahalnya Harga Pupuk
Sabtu, 13 November 2021 - 05:19:40 WIB
 

SIAK - Bupati Siak Alfedri menerima kunjungan kerja komisi IV DPR RI ke kabupaten Siak. Tujuan kunjungan kerja ini untuk meminta masukan berkaitan dengan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), yang berlangsung di PT Inti Indosawit.

"Hari ini kami menerima kunjungan kerja  komisi IV DPR RI ke kabupaten Siak. Untuk melihat program PSR di kabupaten Siak khususnya, hari ini di kampung Bukit Harapan, Kerinci Kanan,"ujar Alfedri di temui usai acara, di Bukit Harapan, kecamatan Kerinci Kanan, Siak Kamis (11/11/20201).

Lanjutnya, target program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di kabupaten Siak 22 ribu hektar, namun yang baru terrealisasi hanya 3,800 hektar penyebanya ada berbagai faktor.

"Diantaranya, sertifikat tanah yang warga miliki menjadi anggunan di Bank, kemudian balik nama yang belum selesai, dengan kunjungan kerja DPR RI ini menjadi dorongan bagi kami, bagaimana nanti bisa di selesaikan melalui kerjasama dengan BPN dan Pengadilan Negeri,"kata Dia.

Diskusi yang berlangsung hangat antara anggota DPR RI dan petani meminta bagaimana harga pupuk bisa lebih murah. Kemudian para petani sawit ingin ada penghasilan jelang lahan sawit mereka yang masuk program peremajaan jelang panen.

"Mereka minta ada puluk supsidi dari pemerintah, karena pemilik di bawah lahan 2 hektar mendapatkan pupuk supsidi. Kemudian ada sumber kehidupan mereka ini menjelang sawitnya di panen, tentu ini bisa di lakukan melalui tanaman tumpang sari. Kita juga punya program tumpang sari bagi repanting termasuk ada program dari Kementrian Pertanian,"terangnya.

Anggota DPR RI Dedi Mulyadi kehadirannya ke kabupaten Siak untuk menyerap masukan dari para petani, perusahaan dan pemerintah daerah terkait rendahnya realisasi program PSR.

"Kami mendorong perusahaan membuka ruang bagi para petani, yang masuk program PSR. Ada rentan waktunya panjang jelang sawit mereka panen, mereka ekonomi produksi bisa memanfaatkan areal tanah perkebunan. Di areal itu bisa di tanami jagung, ubi dan lain-lain,"kata dia.

Hasil penelitian Litbang Pertanian tidak masalah lahan perkebunan itu, ada tanaman tumpang sari. Sehingga tidak nunggu hasil panen sawit. Kami mendorong juga pemerintah khusus pupuk Indonesia jual pupuknya jangan terlalu tinggi, agar para petani punya kecukupan pembiayaan untuk pemeliharaan kebun dan produksi.

"Kami seneng dengan pak Bupatinya respon dan selama ini memberikan perhatian khusus terhadap masyarakat, para petani sawit,"kata mantan Bupati Purwakarta itu.

Anggota Komis IV DPR RI, Puji Bupati Siak Cepat Respon Persoalan Petani Sawit. (R/Info)
 


Senin, 24 Januari 2022 - 05:46:59 WIB
Wakil Bupati Hadiri Peringatan Harlah ke-96 NU PCNU Kabupaten Siak

Jumat, 21 Januari 2022 - 14:33:07 WIB
Wabup Husni Hadiri Pertemuan Bersama Anggota LTKL di Jakarta

Jumat, 21 Januari 2022 - 14:30:25 WIB
Bupati Siak Menghadiri Sidang Senat Terbuka Wisuda S1 STAI Sultan Syarif Hasyim Siak

Senin, 17 Januari 2022 - 21:46:44 WIB
Wabup Siak Husni Merza Sebut, Program PTSL BPN Cegah Masalah Sengketa Lahan

Senin, 17 Januari 2022 - 05:32:37 WIB
Bupati Siak Buka Kejuaraan Grasstrack dan Motocross Tumang Championship

Sabtu, 15 Januari 2022 - 07:48:33 WIB
Bupati Siak dan Kapolda Riau Tinjau Vaksinasi Massal Anak 6-12 Tahun di Tualang

Sabtu, 15 Januari 2022 - 07:45:06 WIB
Ini Pesan Rasidah Alfedri kepada Ketua PKK Kampung yang Baru

Kamis, 13 Januari 2022 - 08:04:12 WIB
Ketua BAZ Pusat Puji Gedung Zakat Milik Kabupaten Siak Terbaik se-Indonesia

Rabu, 12 Januari 2022 - 08:58:50 WIB
Ketua TP PKK Kabupaten Siak Apresiasi KWT yang Berperan Menjaga Ketahanan Pangan

Sabtu, 08 Januari 2022 - 07:43:38 WIB
Melalui "Jumat Barokah", Satlantas Polres Siak Berkomitmen Menjadi Polantas Penolong dan Humanis

 
HOME | UTAMA
PEMERINTAH KABUPATEN SIAK © 2013